Tutorial

Cara Print File PowerPoint Tiga Slide dalam Selembar

Halo Guys, kali ini aku mau share bagaimana cara print file powerpoint dalam satu lembar ada beberapa slide. Jadi lebih efesien dan efektif. Ngirit kertas juga kan. Ini berlaku kalau dosen minta file presentasi dalam bentuk hardcopy untuk tugas akhir semester. Gimana caranya? gampang banget guys, yuk simak caranya dibawah ini!

Pertama, kamu buka dulu file powerpoint yang akan kamu print.

Kedua, setelah file powerpoint yang akan kamu print terbuka. Kamu pilih:

  • File >> Print, 
  • ctrl + P pada Windows dan,
  • command + P pada Mac.

Ketiga, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada menu Layout, silakan pilih layout yang kamu inginkan untuk di print, biasanya sih ini sesuai selera dan kebutuhan. Kalau untuk sebagai catatan di saya atau bahan belajar saya lebih memilih layout handouts (3 slides per page). Jika kebutuhanku untuk memberikan hardcopy presentasi ke dosen aku pilih yang handouts 2 slides atau 4 slides per page. Untuk lebih memahaminya, pada langkah selanjutnya akan ku jelaskan.

Keempat, beginilah tampilan layout handouts (2 slides per page), dapat dilihat pada gambar dibawah ini sebelah kiri ada tampilan preview.

Kelima, beginilah tampilan layout handouts (3 slides per page), dapat dilihat pada gambar dibawah ini sebelah kiri ada tampilan preview. Nah, layout ini yang sering ku pakai sebagai bahan belajarku, karena kita bisa tambahin notes di samping kanan nya slides. Jadi lebih mudah untuk belajar.

Keenam, beginilah tampilan layout handouts (4 slides per page), dapat dilihat pada gambar dibawah ini sebelah kiri ada tampilan preview.

Ketujuh, beginilah tampilan layout handouts (6 slides per page), dapat dilihat pada gambar dibawah ini sebelah kiri ada tampilan preview. Tapi saya kurang rekomendasi kalau yang 6 slides ini, karena untuk tulisannya pasti akan lebih kecil, sehingga membacanya sangat terganggu.

Kedelapan, kalau kamu mau ngirit lagi nih, misalnya gausah berwarna ah, karena nggak penting-penting banget juga, kamu bisa banget pilih warna pada menu “Output” setelah itu pilih ingin warna Grayscale atau B&W. Setelah itu lihat di sebelah kiri ada tampilan preview nya.

Kesembilan, kalau misalnya kita lihat pada preview masih ada space disamping kertas yang cukup banyak, sayang kan ya kalau dibiarin gitu aja. Bisa banget kamu manfaatin untuk lebih diperbesar slides didalamnya sebelum kamu print tentunya. Gimana caranya? kamu ke menu scale yang letaknya dibagian paling bawah pada gambar dibawah ini.

  • Scale >> unceklist Scale to fit paper >>kemudian ubah dari sebelumnya 100 % menjadi 115 %, ini bisa banget kamu sesuaikan sendiri, dengan cara setelah diubah langsung lihat tampilan preview.

Dibawah ini adalah tampilan sebelum diubah dan sesudah diubah pada menu scalenya:

Naaah, sekarang udah tahu kan caranya, mudah kaan guys. Sekarang, kalian harus coba yaaaa! Semoga bermanfaat, kalo kalian udah coba, boleh dong komentar dibawah gimana pendapat kalian. Hehe.. Sampai ketemu di postingan selanjutnya!

Sumber foto background awal atau featured image: klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *