Cara “Sederhana” Menghargai Orang Lain

Beberapa waktu lalu aku sering banget dapet perlakuan seperti tidak dihargai. Aku merengutkan jidat sambil bilang dalem hati “Kok dia gitu ya, udah dibantu kok nggak bilang terima kasih?” Sebenarnya bukan tentang “pengen dihargain”. Tapi, lebih ke tata krama sih. Menurutku ucapan “terima kasih” yang sesederhana itu, bisa membuat diri kita pribadi atau orang lain jadi senang atau tersenyum. Setidaknya kita apresiasi usaha orang lain karena sudah membantu atau menolong kita. Sekecil apapun itu. Memang semua berawal dari hal kecil dulu sih.

Disini bukan aku ingin menghakimi orang yang masih belum bisa melakukan hal tersebut, aku juga manusia tempatnya salah, mungkin aku juga kadang lupa mengucapkan terima kasih setelah dibantu. Sekali lagi, kita sama-sama belajar dan harus saling support atau nasehatin ya gaes!

Diriku pribadi, selalu merasa bersalah jika sesudah di bantu tapi lupa untuk bilang “terima kasih” karena sibuk dengan hal lain. Rasanya kaya mengganjal gitu, tak jarang aku bilang “terima kasih” nya menyusul. Hehe.

Meskipun sesuatu yang kita lakukan sudah menjadi kewajiban, seperti “pekerjaan”, nggak ada salahnya lho bilang “maaf” “tolong” “terima kasih” ke rekan kerja. Kebetulan di kantor tempatku bekerja, pekerjaanku sering berkontak langsung dengan atasan di kantor, meskipun secara jabatan beliau paling tinggi, beliau ndak pernah lupa untuk ucapkan kata-kata sederhana itu “terima kasih” kepada karyawannya. Padahal secara kewajiban, ya memang aku di bayar untuk melakukan itu, tapi beliau tetap menghargainya dengan ucapan sesederhana itu “terima kasih”. Sontak membuat kita merasa dihargai dan tersenyum.

Secara tidak langsung hal tersebut menjadi contoh yang baik untuk mengedukasi orang lain. Tapi, memang ada satu yang terkadang sulit untuk orang lain ungkapkan, mungkin bisa jadi diriku sendiri ini juga masih sulit mengatakan “Maaf” jika salah paham terhadap orang lain atau bahkan jika perkataanku menyinggungnya. Semoga hati kita dilembutkan oleh Yang Maha Lembut, Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *