Gaya Hidup Tutorial

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di Stasiun

Halo gaes, kali ini saya mau memberitahukan cara membatalkan tiket kereta api langsung di Stasiun. Mungkin siapapun tidak akan menginginkan untuk membatalkan tiket kereta yang sudah dipesan jauh-jauh hari, tapi terkadang memang ada saja hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada saat hari mendekati perjalanan yang sudah direncanakan. Daripada hangus begitu saja uang kita, lebih baik ajukan saja pembatalan tiket kereta api. Meskipun tidak akan kembali sepenuhnya uang kita. Sebenarnya caranya mudah nggak ribet kok, hanya saja butuh kesabaran ketika mengantre.

Syaratnya:

  • Booking ID (Tiket yang sudah dicetak)
  • KTP Asli dan Fotocopy 1 buah
  • Surat Kuasa bermaterai (Jika yang mengajukan pembatalan bukan pemilik tiket), template suratnya bisa download disini
  • Pembatalan hanya bisa dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan
  • Siapkan nomor rekening kamu (Jika uang pengembalian memilih transfer bank)
  • Loket pembatalan di Stasiun Bekasi buka pukul 07:00 sampai 22:00

Pertama, datangi Stasiun. Kemarin saya mendatangi Stasiun Bekasi untuk mengajukan pembatalan. Ohiya, saya membeli tiket kereta api di marketplace online yaitu Tokopedia dan tetap harus membatalkan langsung ke stasiun, tidak bisa melalui perantara Tokopedia. Sesampai di Stasiun ambilah nomor antrean jika di stasiun yang kamu kunjungi tersedia nomor antrean tersebut. Jika di Stasiun Bekasi, tidak ada nomor antrean. Jangan lupa bawa syarat yang sudah disebutkan di atas ya. Perlu kalian ketahui juga, orang yang mengajukan pembatalan harus pemilik tiket sendiri, jika terpaksanya diwakilkan, bisa menggunakan surat kuasa yang bertanda tangan dan bermaterai.

Kedua, mengisi Formulir Pembatalan Tiket. Untuk mendapatkan formulir pembatalan kamu bisa minta ke petugas loket. Jika di Stasiun Bekasi, loket tersebut ada di pintu belakang Stasiun Bekasi, biasanya ada meja khusus di dekat loket-loket tapi bagian luarnya. Jika kamu bingung bisa langsung tanyakan ke satpam atau petugas yang ada di sekitar Stasiun tersebut. Tips dari saya, supaya cepat dalam prosesnya, kamu bawa pulpen sendiri ya. Supaya lebih cepat untuk pengisian formulir. Apa saja data yang harus kamu isi di Formulir Pembatalan Tiket:

  • Nama Pemilik Tiket:
  • Alamat Pemilik Tiket:
  • No.Telepon Pemilik Tiket:
  • Nomor Kode Booking Tiket:
  • Nama Kereta Api:
  • Dari Stasiun(keberangkatan):
  • Ke Stasiun(tujuan):
  • Kelas Kereta Api:
  • Jadwal(tanggal dan pukul):
  • Nama Bank, Nomor Rekening, Pemilik Rekening jika pengembalian dana dengan cara transfer bank
  • Tanda tangan pemilik atau orang yang dikuasakan dan nama lengkap

Ketiga, setelah formulir pembatalan sudah terisi dan persyaratan sudah lengkap, kamu langsung menuju ke loket pembatalan. Kamu bisa bertanya kepada petugas, atau biasanya di loket ada keterangan loket berapa yang dikhususkan untuk pembatalan tiket. Jika di Stasiun Bekasi, kamu bisa langsung ke loket 6.

Sedikit curcol: waktu itu saya dateng ke Stasiun sangat mepet, lari-lari demi kekejar waktunya untuk pembatalan. Waktu keberangkatan di tiket pukul 10:12 WIB, tapi saya baru sampai di Stasiun Bekasi pukul 09:40 WIB langsung buru-buru isi formulir. Setelah sudah semua, saya langsung antre, sesuai dengan foto di atas, ternyataan antrean cukup banyak, saya hampir putus asa. Ada kurang lebih 4 orang di depan saya yang sedang antre. Saya harus bagaimana? Saya pasrah.

Kemudian beberapa menit kemudian, petugas loket menginformasikan bahwa sedang ada gangguan jaringan (yaAllah makin lemes dan pasrah). Tapi akhirnya petugas tiket professional, dia menanyakan siapa yang jadwal tiketnya hari ini. Dengan sigap saya mengangkat tangan. Ada dua orang saat itu yang mengangkat tangan, kemudian ditanyakan lagi keberangkatan pukul berapa? Akhirnya saya duluan yang di dahulukan. yaAllah emang kalau rejeki nggak kemana ya. Udah pasrah karena antrean dan pasrah karena gangguan jaringan, tapi di kasih jalan tol sama Allah. Akhirnya tiket pembatalan saya duluan yang di proses. Dan akhirnya bisa. Padahal peraturan KAI itu pembatalan hanya bisa 30 menit sebelum keberangkatan, dan setelah saya hitung-hitung saya sudah lebih dari 30 menit:’D wkwk. Tapi masih tetap di layani. Meskipun muka mbaknya rada bete karena saya belum cetak tiket aslinya (karena saya pikir hanya memberikan kode booking yang saya dapet ketika pesan online) wkwk.

Setelah formulir dan syarat kamu sudah lengkap, langsung di proses pembatalannya. Kamu akan dikasih kertas salinan formulirnya. Fungsinya untuk pengembalian dana secara tunai, nant kamu bawa salinannya itu ke loket pengambilan dana refund kamu.

Keempat, Menunggu Dana Pengembalian. Pembatalan tiket dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket ya gaes! Maka uang pengembalian yang akan kamu terima sebesar 75% dari total harga tiket. Lumayan kan? daripada uang kamu hangus begitu saja. Sayang banget kan. ehm sayang..

Kamu bisa memilih pengembalian dana nya mau tunai atau transfer bank. Dana pengembalian bisa kamu terima 30×24 jam gaes! alias 30 hari, maksimal bangetttt itu 45 hari. Kalau kamu ambil secara tunai, jangan lupa ya bawa formulir pembatalan yang sudah di validasi oleh petugas loket.

Selesaiiiiii, gampang banget kan gaes? Haha. Selamat mencobaaaaaa 🙂

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *