https://konsultasisyariah.com/31107-hukum-wanita-memakai-celana-panjang.html
Gaya Hidup

Lelaki itu Tidak seperti Wanita

Saat SMP dulu, aku selalu bertanya-tanya pada diriku sendiri, kenapa celana jeans tidak cocok ketika ku pakai? Karena saat SMP dulu aku terbilang cukup gendut pula, makanya mungkin nggak cocok. Aku selalu bingung kenapa begitu tidak enak dilihat ketika memakai celana jeans, terutama yang berwarna terang seperti biru muda.

Saat itu aku pikir karena aku gendut, mungkin akan lebih cocok jika memakai celana jeans hitam saja dan ukurannya lebih besar, tetapi nyatanya itu bukan solusi yang baik, karena ukuran yang lebih besar malah semakin kacau dilihatnya terlihat seperti celana boleh minjem.

Dulu, setiap bepergian kemanapun selalu pakai celana jeans, jeans adalah yang selalu utama dipakai. Sampai mungkin aku bingung, jika tidak memakai celana jeans, apa gantinya?

Celana jeans selain tidak enak dipandang ketika ku pakai, juga tidak nyaman karena terlalu ketat.

Beberapa teman menyarankan untuk, “kenapa nggak pakai rok saja?”

Saat itu aku adalah orang yang pernah bilang kalau pakai rok “ribet” dan terlalu terlihat ingin bepergian kemana dan acara tertentu saja.

Padahal, yang ku ucapkan saat itu nyatanya tidak seribet itu. Kebanyakan mungkin dari kita belum mencoba tapi sudah langsung beropini seakan-akan sudah pernah mencoba.

Karena opini yang ku lontarkan saat itu adalah “ribet” kalau pakai rok. Kemudian aku mencoba celana kulot, celana yang longgar (tidak ketat) dan bahannya lembut. Mungkin ini cocok sebagai pengganti celana jeans yang biasa aku pakai. Akhirnya lambat laun aku mulai bertahap meninggalkan celana jeans.

Setelah aku membaca perihal adab wanita berpakaian dan larangan wanita memakai celana, akhirnya aku memulai tahapan untuk memakai rok atau gamis dan benar-benar sudah tidak memakai celana.

Lalu apa hukum wanita memakai celana?

Allah membedakan antara lelaki dan wanita. Allah menegaskan dalam QS. Ali Imran : 36,

“Lelaki itu tidak seperti wanita”

Kemudian dijelaskan oleh hadist sebagai berikut:

Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu mengatakan,

“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang berpakaian wanita dan wanita yang berpakaian laki-laki.”
(HR. Ahmad 8309 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Disamping itu, pakaian wanita sama sekali tidak boleh menampakan lekuk tubuh. Tak terkecuali bagian kaki, sehingga harus ditutupi dengan rok atau semacamnya.

Sekarang aku baru paham kalau pakai rok itu nyaman, nggak ribet, mungkin butuh waktu yang tidak sedikit untuk menjadi nyaman dan terbiasa memakai rok. Butuh niat yang memang karena ada banyak kebaikan didalamnya. Semoga ukhti, cepat menyusul dan merasakan bagaimana nyaman seperti yang aku rasakan. In syaAllah.

Setelah ku pikir-pikir ternyata segala pertanyaanku selama SMP dapat terjawab dengan solusi yang Allah berikan melalui Al-Qur’an. Alhamdulillah, semoga selalu istiqomah dalam menjalankannya. Aaamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *