Gaya Hidup

Proses Pembuatan Kain Tenun di Troso, Kabupaten Jepara

Pagi hari yang cerah di Jepara yang berbeda dengan suasana Bekasi, di Jepara ini sangatlah jauh dari kata macet, jauh dari polusi, jauh dari bentrokan antar pengemudi, suasananya yang adem, tenang, sejuk. Membuat saya nyaman sekali.

Berbeda jika beberapa hari di Semarang, Semarang sudah hampir sama dengan Jakarta. Meskipun semarang ini tidak se-macet Jakarta. Tapi dari suasananya sudah hampir mirip dengan Jakarta, jalanan dan tempat wisatanya yang sudah modern dan keren.

Hari ini aku akan mulai mengunjungi salah satu pengrajin tenun di Jepara, ini merupakan tujuan yang saya tunggu-tunggu selain ke Pantai. Karena sangat menarik ketika melihat corak dan warna dari kain tenun itu sendiri yang unik dan eksotis, itu yang membuat aku ingin untuk membeli sekaligus melihat langsung bagaimana proses pembuatannya. Kain tenun ini tidak seperti kain batik yang mudah ditemukan dimana-mana. Kain Tenun ini memang agak jarang di temukan, proses pembuatan dan bahan baku menjadi salah satu faktor kain tenun ini jarang ditemui, selain karena prosesnya masih dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin dan proses pengerjaannya pun membutuhkan waktu relatif lama, membuat kain ini memiliki harga yang relatif lebih daripada kain batik.

Kali ini aku akan mengunjungi Workshop Tenun Hamdan . Salah satu pengusaha tenun di Troso, Kabupaten Jepara. Ketika melihat review yang bagus di google, aku langsung ingin mengunjunginya. Hari itu aku mencoba menghubungi nomor kontak yang tertera di website Workshop Tenun Hamdan . yang ternyata itu nomor Pak Hamdan nya langsung. Setelah aku chat via WA ternyata belum ada balasan. Akhirnya aku langsung berangkat saja ke tempat usahanya menggunakan Grab, awalnya aku sedikit ragu, karena lokasi usahanya yang lumayan jauh dari hotelku, sekitar 14 KM sebelum hari ini tiba, aku sempat mengurungkan niat untuk mengunjunginya. Karena jarak yang jauh itu.

Tapi pagi hari nya aku berubah pikiran, aku tetap mau mengunjunginya, karena sudah jauh ke Jepara masa tujuan utama nya nggak kesampaian, nanti aku nyesel.hehe. Aku melawan rasa khawatir dan takut. Pada perjalanan ini, aku banyak belajar, kalau rasa khawatir atau takut adalah hal yang lumrah, tapi kalau kita terus menuruti rasa khawatir dan takut itu, kita nggak akan bergerak untuk maju.

Akhirnya sampai di Workshop Tenun Hamdan, aku sempat bingung karena tempat usahanya seperti rumah penduduk biasa. Karena aku bingung, akhirnya aku menelpon Pak Hamdan yang belum membalas chat WA ku. Setelah menelpon Pak Hamdan aku dipanggil olehnya sebagai pertanda kalau rumah nya disini. Aku menghampirinya dan berkenalan, kemudian aku di sambut ramah oleh karyawan perempuannya yang masih muda-muda dan cantik-cantik. Aku berkenalan dengan mba Mega dan Hana, awalnya aku di temani oleh mba Mega untuk mengetahui cara pembuatannya yang ternyata karyawan yang membuat kain tenun sedang istirahat. Akhirnya aku diarahkan untuk melihat-lihat kain tenun dan produk lainnya yang sudah ready.

Ketika ingin melihat kain tenun aku dikenalkan oleh mba Hana, mba Hana ini yang juga akan lebih detail menemaniku untuk melihat-lihat cara pembuatan dan lainnya..

Mba Hana menjelaskan bahwa dalam membuat kain tenun disini ada banyak tahapannya, yaitu 17 tahapan yang dikerjakan di tempat yang berbeda-beda. Pada 17 tahapan tersebut, para penduduk di Jepara yang mengerjakan di rumahnya masing-masing. Dan di tempat ini lah proses akhir kain tenun atau biasa disebut finishing. Jadi aku ndak bisa melihat prosesnya secara detail di setiap tahap, karena memang tempatnya berbeda-beda. Sebenernya aslinya hanya ada 4 tahap, hanya saja setiap tahap tersebut memiliki sub lagi untuk para pengrajin rumahan mengerjakannya.

Apa saja tahapannya?

Yuk kita simak baik-baik bagaimana tahapannya:

Tahap pertama adalah pemintalan benang, benang putih sebagai bahan dasar yang digunakan dalam membuat kain tenun melalui proses pemintalan

Benang Putih
oemahetnik.com
alat pintal benang
oemahetnik.com
Proses Pintal benang
oemahetnik.com
Hasil Pintal Benang
oemahetnik.com

Tahap kedua, setelah benang putih pintal, langkah selanjutnya adalah pembentukan motif kain. Adapun caranya dilakukan dengan cara mengikat benang yang sudah dipintal dengan tali rapia untuk membentuk pattern/motif. Mengikatkan tali rapia ke benang-benang tersebut dibantu dengan papan pola yang dibuat plastik transparan.

Alat pembuatan Motif
oemahetnik.com
plastik transparan
oemahetnik.com

Tahap ketiga, pemberian warna. Setelah diikat satu persatu dengan tali rapia, langkah selanjutnya adalah pemberian warna dengan cara benang dicelup ke dalam warna yang diinginkan. Pencelupan warna bisa dilakukan berulang kali tergantung jumlah warna yang ada di dalam pola.

Proses Pencelupan warna
oemahetnik.com
Hasil Pencelupan warna
oemahetnik.com

Setelah kering, benang-benang tersebut disisihkan satu persatu, diatur sesuai dengan pola. Ini adalah proses penting yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sebab jika ada satu saja benang yang tidak diatur sesuai pola, maka pola keseluruhan akan berantakan.

proses pembentukan pola motif
oemahetnik.com
proses pembentukan pola motif 2
oemahetnik.com

Tahap #4 – Proses Menenun
Tahap keempat, proses menenun. Langkah terakhir adalah proses penenunan benang untuk dijadikan kain tenun sesuai dengan motif yang sudah ditetapkan. Proses penenunan ini menggunakan alat tenun bukan mesin atau yang sering disebut ATBM.

Proses menenun
oemahetnik.com
Proses menenun 2
oemahetnik.com
Kain Blangket jepara
oemahetnik.com

Begitulah proses panjang dari pembuatan kain tenun. Tak heran jika semakin indah dan semakin kompleks pattern dalam sebuah kain tenun, maka semakin tinggi pula harganya. Sebab, di balik sepotong kain tenun terdapat cerita tentang pattern dan sekelumit proses pembuatan yang tidak sebentar.

Di Workshop Tenun Hamdan   atau nama tokonya kainratu, juga tersedia berbagai kain tenun yang sudah jadi, adapun beberapa pakaian, tas, selendang, ikat kepala yang tersedia dan bisa langsung dibeli disana. Kain ratu ini juga memiliki media sosial instagram, facebook, twitter dan marketplace lainnya, yang bisa di dapatkan atau di beli secara online atau bisa kunjungi website belanjanya tokotenun.com. Jadi memudahkan teman-teman untuk membelinya. Saat berkunjung kesini pasti kamu akan membeli semuanya, karena memang eksotis dan keren banget. Hihi. Aku suka banget yang motif mawar, keren.

Semoga bermanfaat teman-teman!

Referensi:D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *