Gaya Hidup

Cara Pesan Tiket Kereta Antar Kota di KAI Access

Beberapa hari yang lalu, saya sudah merencanakan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi Kereta Api. Dari awal saya memang merencanakan akan pesan tiket Kereta Api di website resminya yaitu https://kai.id/  tetapi kadang ada tiket yang selalu tidak tersedia alias error. Aneh, padahal saya pesan sebulan sebelum keberangkatan masa iyah sudah habis? Tapi mas Nugi senior di kantor saya menyarankan untuk download aplikasinya yaitu KAI Access, awalnya saya memang sudah tau kalau ada aplikasinya, tapi setelah saya lihat sekitar 535 akun memberikan penilaian buruk. Hal itu yang membuat saya ragu untuk memakai aplikasi resminya KAI. Tapi setelah saya coba, alhamdulillah lancar-lancar saja sampai detik pembayaran dan konfirmasi pembayaran.

Aplikasi KAI Access cukup membantu saya, jadi saya nggak harus buka websitenya. Hanya melalui handphone saja. Memang terkadang tiket yang akan di pesan sebulan sebelum keberangkatan statusnya tidak tersedia atau habis, tapi nyatanya beberapa jam kemudian tersedia lagi. Alhamdulillah saya jadi bisa pesan tiket sesuai dengan rencana awal saya. hehe

Lalu bagaimana cara memesan tiketnya melalui aplikasi KAI Access?

Yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini yaa:

  • Kamu harus punya handphone Android/IOS dahulu untuk dapat menginstal Aplikasi KAI Access
  • Setelah itu, baru kamu bisa instal KAI Access di Playstore atau Appstore dengan mencari nama “KAI Access”
  • Setelah sudah terinstal dan mendaftarkan akun baru kamu, sekarang kamu buka Aplikasinya
  • Berikut ini adalah tampilan awal ketika aplikasi KAI Access berhasil di buka, kamu bisa memilih pesan tiket “Intercity” atau “antar kota”.
  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan tampilan awal seperti gambar di bawah ini, kamu bisa mengisinya sesuai dengan tujuan dan keinginan kamu ya. Untuk kelas kereta juga dapat dipilih Eksekutif, Bisnis atau Ekonomi. Setelah sesuai, klik “cari tiket”.
  • Kemudian setelah itu akan muncul beberapa kelas kereta yang tersedia, pilih sesuai keinginan kamu ya, dan pastikan jam keberangkatan dan tiba nya kereta api. Seperti gambar di bawah ini:
  • Setelah itu akan ditampilkan konfirmasi pemesanan yang sudah kamu pilih sebelumnya, untuk memastikan lagi pesananmu sudah sesuai dan benar ya, kemudian pilih OK.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan cara pembayaran tiketnya guys, seperti gambar di bawah ini ya, tenang aja kamu nggak akan bingung guys, karena semua metode pembayarannya disertakan caranya. Jadi kamu akan di pandu dengan baik dan benar, nggak akan khawatir kalau akan salah kirim. hehe. Contohnya seperti gambar di bawah ini yaaa:
  • Lalu kalau yang mau bayar adalah orang tua yang nggak punya ATM atau Siswa/i yang masih sekolah, harus pakai apa? Tenang aja kamu bisa bayar di “Gerai Retail” yang bisa kamu bayarkan seperti di Alfamart, Indomaret, dll

Bagaimana caranya? Kamu bisa klik tanda ” > ” seperti pada gambar di atas, nah kemudian kamu akan diberikan panduan membayar menggunakan metode yang kamu inginkan.

Segitu dulu ya guys yang bisa aku berikan, semoga bermanfaat, selamat jalan-jalan! 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *