Gaya Hidup

Tips Menulis Setiap Hari Di Blog

Dari tanggal 1 januari 2019, saya niatin nulis blog sertiap hari. Meskipun kalau saya lihat di statistik blog nggak ada yang lihat. Nggak apa-apa. Toh tulisan ini untuk diri saya sendiri. Kalau pun ada yang melihat, Alhamdulillah. Ada yang komentar, tambah Alhamdulillah.

Sudah satu pekan, setiap hari saya publish di blog. Belum ada yang bolong. Saya akan tingkatkan, minimal untuk sekarang target selama 30 hari dulu. Alias bulan Januari.

Strategi yang saya lakukan:

1. Permasalah utama saya ketika males nulis blog adalah males kalau harus buka laptop kemudian baru berniat untuk menulis. Rasanya harus ada drama dulu baru bisa menulis. Padahal belum tentu mood kita pada saat itu langsung enak pas mau nulis. Oh kalau begitu mah gampang, bisa langsung menulis aja di note handphone kemudian langsung bisa di pindahkan ke blog. Menurut saya itu masih memerlukan waktu dan drama untuk memindahkan ke blog. Ribet. Padahal kalau udah di lakuin mah nggak ribet sih. Hanya saja, kurang simple menurut saya.

Hal baru yang saya lakukan adalah download aplikasi wordpress di Handphone. Kebetulan saya baru beli domain, maka sekarang saya pakai wordpress, dulu saya masih menggunakan blogger. Ternyata wordpress ini canggih banget ya. Jadi makin cinta sama wordpress. Dari mulai layoutnya, fitur yang ada, top markotop.

Setelah saya mencoba menggunakan aplikasi wordpress ini Alhamdulillah menulis jadi lebih simple. Mau kapan, dimana, lagi ngapain, bisa langsung nulis. Dan yang pasti nggak akan ribet. Karena sudah siap langsung publish saja.

2. Mudah

Aplikasi wordpress ini memudahkan saya untuk rutin menulis, karena setiap saya sedang tidak ada kerjaan alias gabut, bisa langsung menulis, dan ketika mood sedang bersahabat, bisa langsung saja menulis. Dan tentunya, banyak topik pembicaraan yang terus mengalir ketika kita gabut. hehe. Aplikasi wordpress juga mudah banget cara pakainya guys. Seperti biasanya ketika di web.

3. Sehari, saya bisa punya banyak postingan yang siap untuk di jadwalkan. Jadi misal hari ini saya sudah tulis 3 topik pembicaraan, langsung saja saya jadwalkan mau di posting hari apa. Jadi nggak harus menulis setiap hari untuk di post besoknya. Pusing juga kalau seperti itu. Hehe

4. Menulis dengan topik ringan, salah satu kendala di saya adalah kalau cerita harus topik yang berbobot. Sebenernya nggak harus melulu seperti itu sih, kegiatan sehari-hari kita pun nggak masalah di tulis di blog. Pada intinya kita jadi sering menulis. Dan mendapatkan manfaatnya dari situ. Kalau nggak ada yang baca ya sudah. Yang terpenting, untuk di baca sama diri sendiri. Beberapa hari ini saya menulis topik ringan, yang mudah saja di pikiran saya. Supaya nggak bingung melalang buana hanya untuk mencari topik pembicaraan.

5. Bagaimana menghindari typo?

Saya juga masih belajar untuk nggak typo. Saya juga masih sering typo. Saya juga tahu rasanya membaca tulisan typo. Rasanya nggak mau lanjut membacanya. Udah males duluan. Karena pasti akan ketemu lagi si typo itu di paragraf selanjutnya. Pastinya akan menambah kegondokan pembaca. Saya meminimalisir itu, dengan membaca ulang sebelum posting. Sesudah posting juga ku baca lagi. Takut ada yang loss. Hehe.

Semoga saya istiqomah terus nih nulisnya, mudah-mudahan niat ini benar-benar terealisasikan. Semoga bermanfaat ya guys.

Aamiin yaRabbal’alamin…

2 thoughts on “Tips Menulis Setiap Hari Di Blog”

    1. Saya coba saran dari boss kiat-kiat menulis rutin di blog yang selalu di omongin pas briefing, hehe. Wah, saya tunggu postingannya boss?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *