Gaya Hidup

Mengingat Kegagalan

Mengingat kegagalan di tahun 2018. Kegagalan bertubi-tubi yang ku dapatkan. Tentu semua itu sudah menjadi takdir yang Allah berikan kepadaku.

Kegagalan mengejar cita-cita. Cita-cita terbesar. Waktu itu target ku adalah PTN. Perguruan Tinggi Negeri. Biar apa? Biar bayaran kuliahnya murah. Karena SKS nggak bayar. Kalau di swasta? perSKS itu bayar. Tahun kemarin juga review kampus swasta, yang katagori kampus bagus. perSKS saja Rp150.000,- Kalau satu semester saja ada 20 SKS? tinggal di kalikan saja. Begitulah mahalnya.

Lanjut ke pembahasan PTN. Kegagalan yang ku rasakan. Di tolak kampus hijau, UNJ. Kampus UNSIKA, karawang. Unsoed purwokerto. Terhempas begitu saja. Dari mulai kegagalan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri.

Semua gagal. Ada satu yang lolos. UIN Jakarta. Lolos. Pilihan pertama. Jurusan BKI. Tapi sayang sekali nggak aku ambil. Padahal bayarannya cukup murah. Beasiswa juga dimana-mana. Yang sudah biar lah sudah, penyesalan itu nggak akan membuat kamu lebih baik.

Kegagalan bertubi-tubi itu. Bikin aku sadar. Kalau cita-citanya besar. Usahanya harus melebihi cita-cita. Harus lebih besar. Nggak boleh setengah-setengah. Harus bertekad bulat. Ini juga berpengaruh, untuk menggapai apa-apa yang nanti menjadi tujuan kita kedepan.

Luka kegagalan itu sudah ku kubur dalam-dalam. Dan segala pelajaran itu akan selalu melekat di pikiranku. Dan pengalaman yang berharga itu, tidak akan bisa pernah hilang di ingatanku.

Aku bersyukur, masih di berikan kesempatan untuk mencoba semuanya. Sehingga tidak ada penyesalan untuk tidak mencoba. Karena, aku akan jauh lebih menyesal jika nggak bisa mencoba itu semua. Pelajaran berharga. Pengorbanan yang luar biasa, dari jiwa dan keuangan saat itu.

Tapi Allah maha baik, maha pengasih, maha penyayang. Aku masih diberikan keberkahan, bisa dapet kesempatan bekerja dan pastinya Allah kasih aku keikhlasan atas kegagalan itu.

Terima kasih 2018. Sudah menjadi berkesan. Sudah menjadi guru terbaik.

Alhamdulillah~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *