Gaya Hidup Tutorial Wisata

Tips Cepat Membuat Paspor

Sumber: paspor

Pengertian Paspor

Pengertian paspor versi saya begini, paspor itu seperti KTP. Kenapa KTP? Karena paspor merupakan identitas diri kita saat kita berada di negara lain, yang artinya berlaku ketika kita melakukan perjalanan antarnegara. Paspor ini jangka waktu berlakunya 5 tahun terhitung sejak hari pembuatan.

Persyaratan Pembuat Paspor

  1. Nomor Antrean: Asli 
  2. Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) yang masih berlaku: Asli dan Fotocopy
  3. Kartu Keluarga: Asli dan Fotocopy
  4. Akta kelahiran / akta perkawinan / buku nikah / ijazah terakhir: Asli dan Fotocopy
  5. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri: Asli 
  6. Materai 6000: Satu buah

Note: 
Masing-masing di FC satu lembar saja. Usahakan di FC nya jelas yah, soalnya kalau kurang jelas, bakalan di mintain lagi sama petugasnya supaya FC yang lebih jelas 🙂

Untuk KTP di fotocopy seperti ini ya, jadi FC KTP nya di tengah-tengah kertas A4. 

Alat Tambahan Pembuat Paspor

  1. Papan jalan 
  2. Pulpen dengan tinta hitam 
  3. Lem untuk menempelkan materai 
  4. Map supaya dokumen kamu nggak berantakan

Tahapan Membuat Paspor di Imigrasi Bekasi

  • Masukan nomor Handphone dan pilih “Pemohon paspor“. Nomor handphone ini berfungsi untuk menanyakan kehadiranmu melalui SMS, apakah tanggal yang kamu ambil ketika antre online bisa kamu hadiri? Gitu. Usahakan pilih jadwalnya pagi ya, soalnya kalau siang pasti sudah ramai sekali. Saya saja pilih jadwal pukul 08.00, dateng ke Kantor Imigrasi pukul 06.30. Alhamdulillah masih sepi. Jadi cepat deh. 
  • Setelah memilih tanggal dan waktu, kita akan dapatkan kode pendaftaran ini. Yang akan kita bawa ke Kantor Imigrasi. 

  • Buat yang belum tau Kantor Imigrasi II Bekasi dimana, kalian bisa cari di maps. Atau kalian bisa survey langsung h-1 pembuatan. Supaya kalian nggak telat. Untuk petunjuk arahnya cukup jelas kok. Kalau kalian pernah CFD di daerah summarecon pasti kalian pernah baca Plang nya. Tenang aja ada plang petunjuk arahnya kok, dan nggak sulit untuk menemukannya. 

Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi

  • Setelah sampai di Kantor Imigrasi, kalian langsung di arahkan oleh satpamnya. Diminta nomor barcode pendaftaran onlinenya. Dikasih deh nomor antrean pengecekan berkas, kemudian langsung di kasih formulir. 
  • Suasana tempat menunggu pagi itu, lumayan masih sepi.
Tempat tunggu
  • Isi formulir sesuai dengan data diri kita. 
Di sediakan papan untuk isi formulir
  • Kemudian nanti nomor antrean kita di panggil untuk pengecekan berkas. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya teman-teman. Ini suasana pengecekan berkas. 
Pengecekan berkas

  • Lalu, setelah berkas asli di cek dan di kembalikan. Kemudian menyerahkan berkas fotocopy. Kita di berikan nomor antrean lagi untuk Foto dan Wawancara ya teman-teman. Sedikit curcol aja ya, sebelum pas wawancara, saya gerogi banget. Sampai yang nanya wawancara ibu-ibu saya panggil “pak” hahaha. Saya pikir bakalan kaya yang saya baca di internet, wawancara benar-benar di cecer. Ternyata, cuma di tanya data diri kita sudah benar atau belum. Kemudian nanya negara apa yang mau di kunjungi. Jangan jawab Bandung yaa! Jelas lah bandung kan bukan negara 😀 
Menunggu antrean foto dan wawancara

Ruangan foto dan wawancara

  • Ada tambahan lagi nih teman-teman, ada ketentuan foto untuk si pembuat paspor. Nggak boleh pakai softlens, nggak boleh pakai baju putih (karena background layarnya putih),  nggak boleh pakai kacamata. 

Ketentuan foto paspor
  • Setelah selesei foto dan wawancara, kemudian kita diberikan note pembayaran paspor. Pembayaran mendingan di pos indonesia yang sudah bekerja sama mungkin dengan Kantor Imigrasi. Mobil Pos Indonesia ini ada di dalam Kantor Imigrasi jadi nggak perlu bingung mencari-cari. Berikan note pembayaran pada petugas yang ada di dalam mobil Pos itu, lalu bayar deh pakai uang cash. Pos Indonesia juga menyediakan jasa pengiriman paspor ke alamat kita dengan tambahan biaya Rp20.000. Kalau ada yang bicara mahal, memang karena kan ada asuransinya. Setimpal lah daripada kita harus antre lagi untuk ambil paspor dan izin lagi ke atasan. Rekan kerja saya kemarin membuat paspor juga, tapi karena dia ambil jadwal siang pukul 14.00. Jadi mobil Pos Indonesia ini statusnya offline. Nggak bisa pakai jasa kirim juga deh. Kalau saya buat nya pagi pukul 08.00. 
  • Untuk biaya paspor beda-beda ya, tergantung kebutuhan kalian. Saya buat yang 48 halaman. Soalnya kalau 24 halaman itu hanya berlaku di beberapa negara aja. Ohiya untuk paspor elektrik atau elektornik atau e-paspor itu di bekasi belum tersedia untuk pembuatannya. Rekan saya buat e-paspor di Kantor Imigrasi Jakarta. 
  1. Paspor biasa baru/penggantian 24 halaman Rp. 155.000.
  2. Paspor biasa baru/penggantian 48 halaman Rp. 355.000.
  3. Paspor elektrik baru/penggantian 48 halaman Rp. 655.000.
Paspor bisa di ambil setelah 4-5 hari kerja. Setelah 4-5 hari kerja, paspor dikirim sehari sampai. Karena pakai layanan Pos Indonesia ekspress, dan tentunya Pos Indonesia menjamin keamanan paspor, karena sudah pakai asuransi saat membayar ongkos kirim. 

Melakukan pembayaran paspor
  • Selesei, untuk teman-teman yang beragama islam ada mushola kok di dalam Kantor Imigrasi. Jadi nggak perlu risau.  

Mushola Kantor Imigrasi
Yeaaay selamat mencoba ya teman-teman. Ternyata cuma butuh kurang dari 3 jam, selesei sudah pembuatan paspor. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *