Gaya Hidup

Faedah Literasi

Image result for faedah literasi
Sumber: disini

Setiap hari saya bingung mau menceritakan apa di postingan mingguan. Bingung karena banyak yang akan saya ceritakan, tapi berujung pada kebingungan karena mau mulai cerita dari mana, dan bagaimana menggambarkan ceritanya untuk dibaca orang lain. Sampai akhirnya, saya memulai menulis. Mengetikan judul postingan, kemudian mulai menulis satu kalimat. Tapi pada kalimat berikutnya, lagi-lagi saya bingung. Akhirnya, beberapa yang saya mau ceritakan itu berujung menjadi draft. Dan belum juga saya teruskan.


Teman-teman saya dinilai postingannya bagus dan enak dibaca, karena dia mempersiapkan ceritanya di waktu tertentu atau waktu nyamannya. Sedangkan saya, terlalu menggampangkan mungkin, sehingga satu atau dua jam saja cukup, karena itu alhasil kurang bagus dan enak untuk dibaca. Ibaratnya, kalau sholat atau ibadah ya hanya sebatas menggugurkan kewajiban saja, tapi tidak di hayati dan khusu. 

Ada juga beberapa teman saya yang menulis postingan hanya 2 paragraf kemudian ditambahkan tampilan foto atau gambar. Yang kalo di baca bakalan kepo sama kelanjutannya, ibarat nonton film dari awal tapi endingnya gajelas, ngegantung. Bakalan jadi pertanyaan besar yang tengiang-ngiang di pikiran saya. Yang entah akan terjawab atau tidak karena tergantung si penulis mau membahasnya lagi atau tidak. Ini yang membuat greget. 

Ternyata menulis dan membaca memang harus dibiasakan. Karena dengan membaca kita mengetahui ilmu yang di sampaikan penulis yang tentunya ilmunya bisa kita terapin, bermanfaat pastinya, dan dengan menulis secara tidak langsung kita mengutarakan pendapat. Itu alasan kenapa waktu saya SMK dulu, Kepala sekolah atau unit sekolah menggalakkan yang namanya ‘Literasi’. Setelah saya baca-baca di internet, kenapa sih sekolah menggalakkan literasi? Tujuannya apa? Ternyata literasi sangatlah penting di zaman modern seperti sekarang ini, karena literasi juga mencakup pengetahuan seseorang berkomunikasi di dalam masyarakat, juga kemampuan literasi menjadi kunci manusia untuk berproses menjadi manusia yang lebih berpengetahuan dan berperadaban.  

Kenapa sih ya hidup kita gini-gini aja? nggak ada juntrungan. Mau kemana arahnya? Ah ikutin arus aja, jalanin aja. Hidup memang harus di jalanin, tapi dengan tujuan yang jelas. Salah satu pencerahan, ilmu, dan ‘ohh begini ya’ bisa di dapat dengan membaca buku. Dulu, masa-masa SMK kalo mau beli buku sayang uangnya. Padahal, itu yang bakal merubah segala yang kita nggak tahu selama ini bakalan jadi tahu. Ilmu. Penting banget. Nggak cuma saya yang tidak mau menyisihkan uang untuk beli buku. Rata-rata teman-teman saya pun begitu. Beliau lebih memilih untuk membelanjakan uangnya membeli kebutuhannya. Padahal buku juga salah satu kebutuhan. Sampai sini saya menyadarinya. Tanpa membaca hidup menjadi aneh, saya dulu juga rajin membaca, Memang, tapi yang saya baca dari SD-SMK adalah buku pelajaran semua. Nggak ada buku untuk pengembangan diri atau ilmu yang saya sukai. Belum kepikiran saat itu. Bersyukurlah saya menyadarinya sekarang, masih belum terlambat. 

Nah kalau kita sudah berniat untuk membaca, mengeluarkan atau menyisihkan uang untuk membeli buku. Sekarang adalah referensi buku. Kerap kali saya bingung ketika saya berada di gramedia. Buku pengembangan diri. Buku apa ya yang kira-kira bagus? Saya bingung. Nggak ada referensi. Sampai saat ini saya masih bingung. Belum ada yang memberikan referensi. Mungkin teman-teman bisa memberikan referensi buku, bisa komentar dipostingan ini. 

Nah, sekarang saya mau kasih tau nih, saya udah baca buku ‘Excellent Insight’. Buku nya menarik untuk mengubah pola pikir, memberikan inspirasi, dan motivasi. Kalian harus baca dan harus punya!

Bisa beli di Online Shop: 


Tokopedia:

Bukalapak:

Shopee:

Dan ebooknya di Google Play books:

Selamat membaca, menulis, dan menginspirasi orang banyak:)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *