Bagaimana Sih Sistem Layanan Mandiri Online dan Mandiri SMS?
Saya baru saja membuat ATM Mandiri dalam status masih baru dan pertama kali dalam seumur hidup membuatnya. Saya awam dalam hal ini, akhirnya saya tanya ke teman kantor saya namanya Rahmi, karena umurnya lebih tua dari saya, saya panggil dia mbak Rahmi. Mbak Rahmi ini bilang kalau manfaat mobile online itu banyak banget. Dari awal saya udah ngebet banget mau buat ATM. Setelah selesei buat, hal yang saya tunggu-tunggu dan saya inginkan banget adalah aktivasi aplikasi mobile online. Tapi, semua itu pupus. Karena, saya baru tahu kalau pakai provider 3 (Three) itu tidak bisa, karena mandiri tidak bekerja sama dengan provider Three, mandiri hanya bekerja sama dengan provider Telkomsel, XL, dan Indosat. Lah yaudah pas selesei buat ATM saya langsung menuju kantor. Akhirnya saya ndak jadi aktivasi mobile online saat itu juga. Saya masih bingung layanan yang ada di mandiri itu apa aja. Makanya sekarang di postingan ini saya mau memberitahu bedanya Mandiri Sms dan Mandiri Online.

sumber: disini
Mandiri memiliki layanan E-Channel atau E-banking untuk memudahkan konsumennya dalam aktivitas transaksi keuangan, nah layanannya ada apa aja sih?
Layanan di Mandiri ada banyak yaitu Mandiri Sms, Mandiri Online, Mandiri E-money, Mandiri E-cash. Tapi, untuk kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai Mandiri Sms dan Mandiri online saja. Karena yang baru saya coba hanya itu.
Mandiri SMS
Apa itu layanan Mandiri SMS ?
Mandiri SMS adalah layanan perbankan elektronik untuk mengakses rekening nasabah dengan menggunakan sarana ponsel/HP.
Apa saja syarat untuk memperoleh layanan Mandiri SMS ?
Syarat-syaratnya adalah:
- Nasabah Bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan
- Pelanggan operator GSM: Telkomsel, Indosat dan XL. Pelanggan operator CDMA: Flexi, Fren, dan Esia
- Memiliki handphone GSM/CDMA
- Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS
Bagaimana cara memperoleh layanan Mandiri SMS ?
Melakukan pendaftaran mandiri sms di Cabang Bank Mandiri atau di mandiri atm.
Apa yang harus dilakukan oleh nasabah pada saat pendaftaran awal Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM:
Dengan menggunakan Kartu ATM Mandiri nasabah datang ke Mandiri ATM
Masukkan Kartu ATM disertai dengan 4 digit PIN Kartu ATM
Tekan menu Registrasi e-Banking, Pendaftaran Awal, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya
Pendaftaran di Cabang:
Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya
Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan atau Kartu ATM
Berapa lama proses pendaftaran dan aktivasi layanan Mandiri SMS ?
Pendaftaran di ATM:
Layanan Mandiri SMS langsung AKTIF untuk transaksi non finansial. Contoh: cek saldo, cek lima mutasi terakhir, dll.
Pendaftaran di Cabang:
Layanan akan AKTIF setelah nasabah menerima SMS dari 3355 berisi info PIN Mandiri SMS. Nasabah harus melakukan perubahan PIN Mandiri SMS agar bisa bertransaksi. Cara ubah PIN:
Ketik: PIN (spasi) PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru kirim ke 3355
Contoh: PIN lama: 111111 PIN baru: 123456
Maka perintah transaksi sebagai berikut:
PIN 111111 123456 123456 kirim ke 3355
Dapatkah 2 nomor HP didaftarkan untuk 1 rekening yang sama ?
Tidak dapat. Prinsipnya 1 rekening sendiri milik nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor HP.
Haruskah nasabah mendaftar ulang Mandiri SMS jika sim card diganti ?
Bila no telepon/HP sama dengan nomor sebelumnya, nasabah tidak perlu mendaftar ulang. Namun bila no telepon/HP berbeda, nasabah harus menutup layanan Mandiri SMSnya terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM/Cabang.
Berapa biaya SMS yang dibebankan oleh operator telepon kepada pengguna Mandiri SMS ?
Untuk transaksi dengan cara ketik SMS:
SMS dikirim: biaya sesuai kebijakan operator masing-masing
SMS diterima: Rp 500,-
Untuk transaksi dengan cara Pilih Menu:
Telkomsel: kirim sesuai kebijakan operator; terima untuk kartu Halo Rp 500,-, kartu AS Rp550,- dan Simpati Rp 550,-
XL dan Indosat: Rp 500,- (transaksi informasi); Rp 1.000,- (transaksi transfer/pembelian/pembayaran)
Biaya tersebut akan mengurangi pulsa pelanggan (pra bayar) atau akan dibebankan ke tagihan bulanan (pasca bayar).
Mandiri Online
Mandiri Online merupakan layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi finansial.
Nasabah mendaftarkan diri dan mengaktifkan layanan transaksi finansial mandiri online di kantor cabang terdekat dengan membawa identitas diri, buku tabungan dan kartu debit mandiri. Setelah melakukan pendaftaran, nasabah melakukan aktivasi online pada aplikasi mandiri online melalui smartphone nasabah.
Perbedaannya dengan Mobile Banking & Internet Banking lama
- Hadir dalam 2 bentuk layanan: Mandiri Online Web dan Mandiri Online Apps.
- Tampilan yang lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan informasi dan melakukan transaksi keuangan bagi para nasabah.
- Nasabah tidak perlu lagi mendaftarkan rekening tabungan untuk dapat dijadikan sumber dana transaksi, karena otomatis rekening yang dapat dijadikan sumber dana bisa digunakan untuk bertransaksi.
- Metode otentikasi baru yang memberikan keamanan lebih. Transfer, Pembayaran, Pembelian dan transaksi lainnya menjadi lebih aman untuk nasabah.
- Akses Mandiri Online dapat dilakukan melalui semua smartphone yang dimiliki oleh nasabah.
Syarat & ketentuan agar bisa menjadi pengguna Mandiri Online
Merupakan user Mandiri Internet Aktif dan juga merupakan user SMS Banking yang terdaftar untuk transaksi finansial. Jika belum memenuhi kedua kriteria ini, nasabah dimohon untuk mendaftarkan diri dan mengaktifkan service transaksi finansial di cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa identitas diri, buku tabungan, dan kartu debit Bank Mandiri.
Perbedaan dari Mandiri Online Web dan Mandiri Online App
- Mandiri Online Web diakses melalui web browser, sedangkan Mandiri Online App diakses melalui aplikasi smartphone..
- Otentikasi Mandiri Online Web menggunakan Otentikasi via Token atau Otentikasi via App, sedangkan otentikasi Mandiri Online Apps menggunakan MPIN
- Akses Mandiri Online Melalui website di alamat www.bankmandiri.co.id lalu pilih tombol log in mandiri online
- Melalui aplikasi mobile Mandiri Online yang dapat diunduh di Google PlayStore atau Apple App Store
Peningkatan Layanan Mandiri Online
Mandiri Online selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kenyamanan Nasabah. Dengan adanya pengembangan terbaru, kini nasabah dapat bertransaksi lebih mudah, cukup dengan 1 handphone saja.
Kesimpulan
Nah, usahakan teman-teman yang mau aktivasi layanan Mandiri untuk memahami betul bagaimana cara mendaftarnya dan bagaimana sistem layanan tersebut. Kalau teman teman sudah paham. Jadi, teman-teman lebih mudah untuk melakukan aktivasi pelayanan Mandiri. Pada postingan selanjutnya saya akan memberikan pengalaman saat aktivasi mobile online, ditunggu yaaa!
sumber: Mandiri SMS, Mandiri Online