Gaya Hidup Tutorial

Pentingnya Membuat Timeline Pekerjaan

Image result for Pekerjaan rapih

(Sumber gambar: artikeldaninformasi.com )

Saya di berikan tugas oleh Boss untuk menjadikan buku cetakan PT Excellent Infotama Kreasindo menjadi Ebook. Awalnya saya menggunakan Sigil, tapi karena ada aplikasi yang lebih canggih yaitu Vellum. Akhirnya pekerjaan jadi lebih mudah, tapi untuk mengubah menjadi ektensi epub harus membeli lisensi terebih dahulu. Sekitar USD 200. Kalau di rupiahkan menjadi 2.895.300. Buat ukuran saya. yang masih anak magang. Itu termasuk jumlah yang besar. Tapi, untuk Excellent sendiri itu tidak ada apa-apanya dengan keuntungan nantinya yang akan jauh lebih besar dan bermanfaat untuk orang lain.
singkat cerita, hari Jum’at, 3 Agustus 2018. Saya dipinjamkan Macbook punya Boss. Karena Vellum hanya tersedia di Macbook saja. Seneng sih bisa coba pakai Macbook Air ini. Tapi, gelisah. Karena bukan milik saya. Melainkan, milik Boss. Kemudian, saya disuruh bikin Timeline Pekerjaan. 
Jujur, dalam hati saya. Kenapa ya Boss suruh saya bikin Timeline Pekerjaan. Padahal saya sudah membuatnya dan saya simpan untuk patokan saya sendiri. Tapi, saat itu saya belum menangkap apa yang dipikirkan Boss. 

Awalnya, saya disuruh buat Timeline Pekerjaan. ( Saya pikir, hanya sebatas list biasa. Karena yang saya buat untuk saya sendiri seperti itu. )

Pada saat itu, saya chat Boss. Saya berikan list. Tetapi, Boss bales kaya gini. 

‘Et dah ya’ 

Waduh, Boss sampe bilang kaya gitu. 
Ternyata yang Boss maksud adalah Timeline Pekerjaan dibuat urut dari awal-akhir secara detail dilakukan di Excel. 

Buuum. Ternyata saya salah paham. 

Oke dari situ saya bikin Timeline Pekerjaan sesuai dengan yang dimaksud Boss. Timeline Pekerjaan yang saya sering buat hanya sekedar garis besar saja. Tapi, kalau yang Boss ajarkan adalah secara detail. Jadi, dari situ saya juga terbantu. Saya sempet berpikir. List pekerjaan hanya garis besarnya aja juga sudah cukup. Ngapain di buat detail lagi ya? jadi kan waktu yang saya kerjakan untuk menyelesaikan Ebook jadi terpotong dengan membuat Timeline. Awalnya, saya berpikir seperti ini. Tapi, ketika semua saya lakukan. Saya buat Timeline pekerjaan secara detail. Saya baru engeh. Karena, dengan bekerja secara teratur mengikuti Timeline. Pekerjaan jadi lebih simple, ndak riweh, ndak akan ada yang kelupaan dan justru malah cepat selesei. Dan terpenting, bisa selesei tepat waktu. 

Timeline yang saya buat seperti ini, 
Semoga temen-temen bisa mencobanya:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *