Gaya Hidup

Pengalaman Prakerin di PT Excellent Infotama Kreasindo

Hari ini saya menulis tulisan ini dengan ditemani bubur ayam dengan tambahan sate usus diatasnya, awal yang baik untuk pagi yang baik. 

ini adalah hari terakhir saya Prakerin di PT Excellent Infotama Kreasindo, tepatnya hari Jum’at, 14 Juli 2017. kalau dibilang hari terakhir sangat menyedihkan ya hehe 


*difoto ini ternyata salma alay juga wkwk si col narsis juga wkwk*


Dulu, saya bingung,  banyak sekali pertanyaan dari diri saya tentang Prakerin dari mulai A-Z. 
kebetulan saya lumayan aktif di Organisasi, saya menanyakan kepada kaka kelas saya yang sudah melaksanakan Prakerin, tapi dari situ saya belum mengerti betul. pertanyaan yang saya lontarkan dari diri saya sendiri;

Prakerin itu gimana sih?
‘Gimana itu dalam kontek, kita nanti ngapain aja saat prakerin di sebuah perusahaan? 

Apa saya nanti dapet tempat yang nyaman dan sesuai jurusan?

Apa kita dituntut untuk bisa melakukan apa yang dikatakan boss atau pembimbing kita?

Apa kalau tidak bisa kita akan dimarahi? 

Tepatnya hari ini, ketika saya sudah merasakannya, semua pertanyaan itu terjawab.


Prakerin itu ya ngga gimana gimana, Prakerin adalah Praktek kerja Industri. kita ngapain aja itu tergantung di suatu perusahaan itu sendiri. kalau ditempat saya Prakerin PT. Excellent Infotama Kreasindo itu kita punya tugas rutin yang setiap hari always kita kerjakan. pasti kamu bertanyakan apa tugas rutinnya? awalnya kamu pasti berfikiran ‘saya bisa ngga ya menjalankan tugas itu’ percayalah kalian pasti bisa, sebab kita pada awalnya diajarkan terlebih dahulu jad jangan khawatir, kalaupun kamu tidak diajari minimal kamu cari tahu sama yang berpengalaman atau bisa bertanya kepada pembimbing kamu. dan selain tugas rutin, ada namanya peluang? maksudnya peluang apa ya? maksudnya itu peluang untuk kita belajar sesuai tentang jurusan kita, sambil mengerjakan tugas rutin tersebut. kalau di tempat Prakerin saya, saya diberikan kebebasan untuk mempelajari materi yang ada dibuku buku hasil cetakannya. ini membuat kalian semakin kepo untuk mencoba mempelajarinya. buat kalian Semangat ya Prakerin!

kalau untuk pertanyaan kedua, kamu dapet tempat yang nyaman dan sesuai jurusan itu tergantung dari diri kamu sendiri, seberapa tingkat ke kepoan kamu untuk mencari tahu perusahaan ini itu dan berbagai pengalaman kaka kelas kamu yang pernah Prakerin disitu. kalau kamu malas untuk itu bisa jadi kamu yang repot nantinya, untuk dapet Prakerin yang nyaman dan sejurusan itu susah! kalau kamu sigap, cepat, dan tepat kamu pasti dapat. aturan dari sekolah saya Prakerin bulan April-Juni 3 bulan, tapi saya sudah dapet lowongan di bulan Januari awal dan sudah resmi masuk pada bulan April malahan saya masuk tanggal 20 Maret loh. dan teman teman saya belum ada yang dapet! ini yang namanya sigap, cepat, tepat.


Apa kita dituntut untuk bisa melakukan apa yang dikatakan boss atau pembimbing kita?
Jawabanya Ya benar. kamu dituntut untuk bisa melakukan apa yang dikatakan boss, kalau kamu tidak tahu cari tahu, jangan pernah katakan di depan boss kamu ‘saya tidak bisa, saya tidak pernah’ nanti kamu akan kena omelan, jelas! dari situ kamu tidak ada usaha untuk cari tahu sendiri. Tenang aja, boss atau pembimbing kita memberikan kita tugas, pasti awalnya kita diajarkan dulu, kalaupun belum mengerti kita boleh bertanya. jadi jangan takut dengan hal itu, buat kamu Semangat!


Apa kalau tidak bisa kita akan dimarahi? 
tergantung kamu, kalau kamu sudah diajarkan tapi kamu tidak bisa, dan ketika dijelaskan oleh boss menurut kamu kurang jelas dan kamu tidak bertanya ya itu salah kamu, bisa jadi kamu kena omelan. kamu tidak akan tidak bisa kalau kamu sudah diajarkan dan kamu mengerti apa yang dijelaskan. jadi intinya untuk tidak dimarahi kamu harus bisa menjadi seperti itu. lagipula kamu tidak akan sepenuhnya dimarahi, kamu pasti dapat pelajaran akan hal itu, semangat!

semua terjawab, dulu saya amat sangat butuh referensi ini, tapi tak kebanyakan orang tidak mempublish nya di setiap media sosial. sekarang kalian bisa menjadikan postingan ini referensi. 

Kesan yang saya akan sampaikan selama saya Prakerin; 

untuk menjadi manusia yang luar biasa butuh lika liku, kebentur sana sini, dihina direndahkan, tapi itu tidak membuat kita menyerah. -kata pak boss- 

Disini mindset saya diubah, dari bersikap krisis, dan selalu dapet motivasi yang temen sekelas saya tidak pernah dapatkan, motivasi yang bisa merubah pola pikir saya. disini semua hal yang lebih kecil bahkan sangat kecil sangat bermakna, dari mulai A-Z. Pada saat briefing lebih tepatnya, yang kita tidak pernah tau kita jadi tau, mungkin motivasi itu bisa membuat saya berfikir bolak balik nanti saat saya diposisi tersebut, ‘Ohiyaya benar kata pak boss saat briefing’. 

Selain itu kita dituntut untuk tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan, pak boss selalu bilang ‘kalau kita bisa lakukan sekarang, ya jangan nanti. bisa jadi masalah kalau ditunda’ dan satu lagi ‘kalau ada masalah jangan ditumpuk di atas masalah lagi, nanti suatu saat bakalan jadi Boom atom buat diri kita sendiri’ 

Bukan cuma hal itu, kita juga harus bersikap ramah sama orang lain, tanpa berharap sebuah imbalan. dan hal sekecil apapun ketika kita dibantu oleh orang lain jangan lupa ber Terima kasih.

untuk materi atau pelajaran jurusan saya juga dapet, untuk belajar masak saya juga dapet, waktu itu saya, dan ka fitra yang di mentori pak boss langsung untuk memasak nasi liwet, ini pengalaman yang mungkin saya ga dapetin di tempat prakerin dimana mana kecuali disini. 




kekeluargaan di sini sangat baik, tidak ada perbedaan antara team Prakerin dan Staff, lelucon yang terkadang bikin ketawa ngakak :v saling ngingetin, kadang so sweet kalau pulang di ngaret ngaretin dibeliin makanan wkwk, bakalan kangen ;(

Ohiya 2 minggu terakhir pak boss emang beli magic com dan blender untuk di tempat Prakerin. nah semenjak ada magic com makan jadi bareng bareng gtu di atas dan masak juga bareng bareng jadi makin sweet aja kebersamaannya. 

pak boss juga suka bilang ;kalau A ya harus A tidak boleh A+ atau A-; kalian setuju ngga? karna ada sebagian orang yang tidak setuju, kenapa? A+ kan bagus? kalau kita disuruh A tapi kalau misalnyakan lebih bagus kalau ditambahkan + , sebenernya itu salah. saya setuju yang dikatakan boss, sebab kalau A ya Harus A karena boss sudah mempertimbangkan secara matang dan secara teliti baik buruknya, jadi boss tidak sembarang menyuruh saja. yang kedua, ‘Tidak tahu cukup sekali, Malu cukup sekali, tidak perlu diulang berkali-kali’ nah ketika kamu tidak tahu sesuatu, setelah itu cari tahu, sehingga kita tidak malu berulang kali.

dan juga, saya sangat salut, Pak boss ketika dia  kecewa dengan kinerja orang lain, dia tetap profesional dan bersikap ramah kepada orang itu. 





*baru sadar kalau mas arif ikut foto* wkwkwk


Terimakasih kami ucapkan kepada pak boss dan seluruh staff atas segala bimbingannya selama prakerin, dan terimakasih sudah mau menerima kami di perusahaan ini, kami banyak bersyukur bisa jadi bagian dari keluarga ini. kayaknya paling banyak salah sama mas afandi dan ka fitra ini wkwk. Mohon maaf kalau kami membuat kesalahan, yang seharusnya tidak boleh dibuat. percayalah ini menjadi sebuah pelajaran untuk diri kami sendiri.

Terima kasih buat My team Raihan dan Fahmi, yang sudah bekerja sama selama 3 bulan ini. semoga semua yang kita dapetin disini menjadi pelajaran hidup di luar sana. maaf kalau dari saya banyak salah untuk My team.


Note: 

Buat kalian yang ingin Prakerin, fokuskan dengan tujuan kalian yaitu dapetin ilmu sesuai dengan jurusan kalian. untuk masalah uang, rejeki kalian sudah di atur jangan prioritaskan uangnya tapi ilmunya, jadikan uang itu sebagai bonus dari kinerja yang kalian kerjakan. kalaupun tidak, ilmu kalian dapatkan. 



Akhir kata, Semoga kalian bisa sukses kelak! semangat adik kelaskuuu-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *