Tutorial

Membuat Virtual Machine di VMware

Hai semuaa, saya mau posting nih cara membuat VM atau Virtual Machine di VMware. untuk kalian yang awam dengan vmware, dan belum tau vmware pasti bingung bagaimana cara menggunakannya dan apa fungsi dari VMware sendiri. nah disini saya bakalan kasih tau kegunaannya dan cara menggunakannya, soalnya saya juga pernah diposisi kalian yang awam dengan vmware. Jujur saja waktu itu pas awal saya masuk PKL. di kantor itu memakai Vmware, nah sedangkan saya di sekolah lebih sering menggunakan VirtualBox hehehe

oke lanjut yuk.. 

Apa Itu VMware?

VMware adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine. Sebenarnya nama VMware diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc.

Apa Kegunaan VMware?

VMware memungkinkan kamu untuk membuat virtualisasi server, komputer, sistem operasi, storage device, aplikasi, networks, dsb.
Jadi bisa dibilang dengan VMware ini kamu bisa membuat komputer virtual di dalam komputer fisik, serta menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi lainnya.
Di area server, virtualisasi VMware bisa digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server — memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang fungsional.
Di area penggunaan sehari-hari, virtualisasi VMware bisa kita manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, misalnya menjalankan Linux di dalam Windows (dan sebaliknya). Selain untuk keperluan testing, ujicoba OS, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sistem yang terisolasi dan tidak merusak sistem utama meskipun sistem di virtual machine tersebut kita oprek-oprek sesuka hati. sumber
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Pertama, kita masuk dahulu ke Vmwarenya. Masukkan username dan password kemudian log in. 

 
2. Ketika sudah masuk ke dalam vmware, kemudian klik Create /Register VM

3. Setelah itu pada tampilan Select creation type, pilih Create a new virtual machine

4. Kemudian pada tampilan Select a name and guest OS, kalian bisa mengisi Nama kalian pada kolom Name, Kemudian Pilih Linux untuk Guest OS Family, dan untuk Guest OS Version Pilih OS Versi linux yang akan kalian install. 

5. Kemudian pada tampilan Select storage ini, kita akan Tentukan penyimpanan / harddisk yang ingin digunakan sebagai lokasi untuk menyimpan data-data Virtual Machine. Jika sudah klik Next 

6. lalu untuk Customize settings, Pada menu Edit Settings ini kita dapat mengatur Memory (RAM), CPU, Video Card, Bios, dll. Atur Memory untuk penginstalan Virtual Machine, sesuaikan dengan Memory yang ada pada server. kalau saya menggunakan Memory 4 GB. Atur pula jumlah CPU yang ingin digunakan untuk Virtual Machine. Ingat, sesuaikan dengan CPU pada server. Saya memberikan 1 pada CPU. 

 
7. Jika kita ingin melakukan instalasi sistem menggunakan CD/DVD ROM server secara langsung, kita bisa memasukkan CD/DVD sistem operasi yang diinginkan kedalam CD/DVD ROM server kemudian melakukan setting agar CD VM diarahkan ke CD/DVD host server. Kemudian pilih Datastore ISO file. kemudian klik CD/DVD Media.

8. Kemudian pilih iso yang akan di install. lalu pilih select. 

9. pada gambar dibawah ini, sudah terlihat bahwa iso sudah masuk. kemudian pilih next. 

10. Kemudian terlihat bahwa Ubuntu_Alifa sudah terbuat. 

11. ketika sudah terbuat, kemudian jalankan dengan “power on


Selesei, semoga bermanfaat yaa kawan. selamat mencoba dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *