Gaya Hidup

Hari Pertama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo

Selamat membaca???

hai sobat kembali lagi dengan saya, di blog yang masih sama. Tentu saja dengan postingan berbeda. 

Pada halaman ini saya mau membagi pengalaman untuk Hari pertama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo. 




Introduce my self

Nama saya Alifa Tri Febrianti, Siswi di SMKN 1 Kota Bekasi. Pada hari ini, tepatnya Tanggal 20 Maret 2017. Saya bersama teman saya Fahmi Latief Munir dan Muhammad Raihan Utomo mulai melakukan PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo


PT. Excellent Infotama Kreasindo?

PT. Excellent Infotama Kreasindo adalah entitas bisnis atau perusahaan yang berfokus pada service komputerisasi, diantaranya adalah: implementasi sistem, konsultasi, training/workshop dan maintenance sistem, terutama dalam hal migrasi atau perpindahan sistem dari sistem Windows ke sistem Linux, yang beralamat di Ruko Premier Serenity Blok J No. 12 Jl. KH Agus Salim No 40 E Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi. yang dipimpin oleh Bapak Masim “Vavai” Sugianto. 

Apa sih PKL atau Prakerin?

PKL atau Prakerin ( Praktek Kerja Lapangan/Industri ) adalah sebuah bentuk implementasi secara sistematis antar program yang diberikan dari sekolah untuk kita dengan program penguasaan keahlian yang di dapat dari Prakerin agar kita bisa mencapai tingkat keahlian tertentu. 

Tujuan PKL Apa sih?

Ketika kita melakukan sesuatu, kita pasti memiliki tujuan. nah begitu pula ketika kita melaksanakan Prakerin, Tujuan  nya apah sih? tujuan dari Prakerin ini adalah suatu Kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Dengan Kopentensi siswa sesuai bidang nya, agar menambah bekal dan meningkatkan daya Kreatifitas dan Produktifitas untuk masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingan Seperti masa sekarang ini. 


Proses Pelamaran Prakerin 

Pada tahap proses Pelamaran Prakerin ini, Awal nya saya tau tentang PT. Excellent Infotama Kreasindo menerima PKL itu dari HUBungan INdustri ( Hubin ), karena Pada hari itu saya meminta List tempat PKL angkatan lalu di Hubin. Setelah saya cari tahu, ternyata PT tersebut lumayan dekat dengan tempat tinggal saya. dan passion nya di Sysadmin. 

Setelah tau seperti itu, saya baru ingat kalau waktu itu ka trisha bilang, kalau beliau lanjut di Excellent, nah kemudian saya minta kontak pak vavai untuk mengkonfirmasi penerimaan PKL tersebut. lalu saya kontak pak vavai, dan kami bertiga di informasikan untuk datang ke kantor Excellent membawa surat permohonan PKL. nah sesampai disana kami dipersilahkan masuk oleh Teman kami yang sedang PKL disana yaitu Aditya Ramadhan dan Fitrah Ali dan dipersilahkan menemui pak boss vavai untuk interview. kemudian kami diberikan surat Penerimaan oleh perusahaan untuk dikonfirmasi ke sekolah bagian Hubin bahwa kami sudah di terima di PT tersebut. 

Hingga akhirnya hari ini, kami melaksanakan Prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo. 


Hari Pertama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo

Pada hari pertama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo, kami bertiga datang ke kantor yang dibuka jam 08.00 , Alhamdulillah saya datang tepat waktu tadi. kata pak vavai “Tidak ada alasan apapun untuk terlambat walaupun hanya beberapa detik”. Setelah semua Peserta PKL sudah berkumpul, kemudian kami briefing terlebih dahulu untuk pengarahan kami pada saat PKL disana. Oiya disana ada Perempuan satu lagi namanya Salma Salsabila dia siswi dari SMKN 6 Kota Bekasi. dia yang akan mengajarkan saya untuk rutinitas disana, sedangkan Fahmi dan Raihan akan di arahkan oleh Adit dan Fitrah. Rutinitas disana berikut ini :  bagaimana cara ngecheck Antrian email yang masuk ke PT. Excellent, mengecheck apakah ada pengiriman barang yang masuk, dan bagaimana cara menerima telpon dari client. 

pada hari pertama ini, kita disuruh untuk login account zimbra, account wiki, dan install Dropbox di Linux Mint. kemudian, membuat account Telegram, dan bergabung dalam Group Telegram. 

Pada saat briefing, pak vavai memberikan kami motivasi. saya masih ingat, 

“Malu cukup sekali, Tidak tahu cukup sekali” 
kalau berkali kali itu namanya masalah, semoga kita terhindar dari masalah yang seperti itu.

“Untuk mengajarkan orang lain, bertahap dan harus sabar, karena tidak semua orang dapat menangkap dengan cepat apa yang kita maksud.” 

“Jangan merendahkan orang lain, bisa jadi mereka lebih baik ( Excellent ) dari kamu. cuma bedanya kamu dapat materi lebih dulu dibanding yang belakangan dapat.”

” Hidup kita milik kita, susah maupun senang, kita yang menjalankannya, Gausah peduliin orang lain, emang dia ngasih makan kita?” kalo bahasa inggrisnya mah, “live and work with passion” 

Ohiya, saya juga kenalan sama mas devay dia yang suka bantu-bantu di kantor. dia orang nya asik sih, baik juga :v kasian dia suka gabut gajelas. dan hari ini saya nitip beliin Jus ke dia. wkwk

pas salma udah pulang, kebetulan saya belum pulang. nah pas itu salah satu karyawan ada yang traktir bakso yang lewat di deket kantor, saya belum kenal sama karyawan disanaa, cuma beberapa aja yang alumni SMKN1. awal masuk udah dikasih rezeki aja yaah Alhamdulillah mas hehe lagi laper juga. 

Begitulah cerita menarik pada saat hari pertama PKL. semoga bisa bermanfaat yaaa, dan juga bisa sharing-sharing.hehehe 
sampai ketemu di Hari Kedua PKL. sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *