Rancang Bangun Tutorial

LOGIN MIKROTIK MENGGUNAKAN PUTTY, CENTOS7, HYPERTERMINAL, TELNET, WEBFIG, WINBOX

Alhamdulillah masi dikasih kesempatan buat posting materi ginian, sebenernya si ini tugas. gimana ya temen gua bilang “gua getol kalo praktekin, tapi gua mager kalo postingnya” mungkin temen gua pada setuju! haha 

ya gua mikirnya, kita gabole egois *asik* kata guru gua, kalo kita punya ilmu, kita kudu sharing ke temen temen kita, ga cuma yang satu kelas doang. contohnya blog ini, kita anak IT manfaatin teknologi yang berkembang sekarang! *ntah gua jadi bijak gini, garagara abis baca blog guru sebelah catatansigondrong wkwk 

oke, lanjutdah kali ini gua pengen ngeposting tentang Login/masuk ke router Mikrotik, disini ada berbagai cara, langsung aja scroll ke bawah. 



WINBOX  (Mac Address) 

Pertama adalah login menggunakan winbox dengan Mac Address Perangkat. Winbox adalah sebuah software atau utility yang di gunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating system windows.

Caranya :
1. Hubungkan laptop/pc dengan device mikrotik manggunkan kabel UTP kemudian buka Winbox nya. kalau kalian belum ada Softwarenya bisa di download di google atau di web mikrotik.com 
2. Selanjunya Klik Neighbors nah di situ akan kelihatan device mikrotik yang terhubung dengan laptop kita dan bisa kita remote menggunakan Winbox, kalau device mikrotik belum kelihatan, kalian bisa ‘Refresh’ lalu tunggu sampai Device muncul, kalau ga muncul muncul coba aja ganti kabel UTP nya siapa tau rusak.
3. Nah untuk mengconnectkannya bisa klik tulis Mac Address yang perangkatnya di “Connect To”
4. kemudian di kolom Login isikan usernamenya “admin” yaitu username default dari devicenya. Selanjutnya klik “Connect”

gua sengaja gambarnya di large, biar pas lu zoom di HP jadi jelas. gua gamau mempersulit lu pada, semoga mempermudah lu yak. digambar ini gua masi pake virtual, jadi kaga real, sama aja sih kalo segi prakteknya, bedanya ini virtual, nah yang atunya real. maklum belom punya router buat di rumah, semoga ada rezeki beli router haha aamiin.


nah paham kan? semoga teori di atas ama gambar langsung paham yak. nah kalo gambar di bawah ini, Isi Mikrotiknya atau tampilan device dalem mikrotiknya, terlihat bahwa Sessionnya make Mac Address :


WinBox (IP Address)

Selanjutnya adalah Login menggunakan IP Address. Nah sedikit info nih device dari mikrotik itu ketika baru beli dan di nyalakan memiliki IP Address default yaitu 192.168.88.1 jadi kita bisa meremote menggunkan IP tersebut. sama seperti tadi hanya pada “connect to” tuliskan IP Address Device mikrotinya. lalu klik Connect. mudah saja.


Dan ini adalah tampilan dari mikrotiknya. pada Session terlihat Login mengunakan IP Address.


WebFig

Selanjunya adalah login atau meremote router device mikrotik menggunakan Webfig. WebFig adalah tools/utility untuk meng-konfigurasi Mikrotik Router via Web browser. WebFig dapat diakses langsung dari router dan tidak memerlukan software atau aplikasi tambahan [kecuali browser].untuk caranya mudah saja bisa buka browser pada laptop/PC anda kemudian tuliskan IP Address si mikrotik.dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.Login lah menggunkan username “admin” dan untuk password bisa kosongkan lalu klik login.


Gambar dibawah ini adalah tampilan dari dekstop dari device mikrotik yang di akses atau di remote menggunakan Webfig.


CMD(Telnet)

Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline. 

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

Selanjunya adalah meremote  melalui CMD menggukan telnet. caranya mudah saja Perintah yang di gunakan adalah “telnet(spasi)IP Address” yak contohnya kea di gambar di bawah ini telnet 192.168.88.1


Selanjutnya ketikkan pada login username default nya “admin” dan passwordnya kosong kan lalu enter.


Dan ini adalah tampilan ketika di remote menggunakan telnet.


HyperTerminal

Selanjunya meremote menggunkan HyperTerminal, HyperTerminal adalah sebuah program yang dirancang untuk melaksanakan fungsi komunikasi dan emulasi terminal.Juga dikenal sebagai HyperTerm, program ini telah ditawarkan sebagai bagian dari sistem operasi Microsoft sejak peluncuran Windows 98. 

Caranya :

1. kita buka saja softwarenya, jika kalian belum memiliki softwarenya kalian bisa download di google ya. 
2. kemudian klik file dan pilih New Connection.


3. Kemudian pada Tampilan Connection Description kalian Isikan :
Name : Bebas sesuaikan dengan apa yang kalian inginkan.
Untuk : Icon bisa kalian kosongkan saja.
lalu klik OK.


4. Pada tampilan Connect To Isikan : 
Country/region : [Negara Anda]
Area code : [Negara Anda]
Phone number : Kosongkan saja
Connect Using : TCP/IP 


5. Selanjunya Ketikkan IP address device mikrotiknya pada Host Address, Port Number biarkan Default, kemudian Connect using pilih seperti perintah di atas. kemudian klik OK.


Kemudian login mengunakan username “admin” passwornya kosongkan.


Dan ini adalah tampilan ketika di remote menggunakan HyeperTerminal sama seperti menggunakn telnet pada cmd dan putty.


PuTTY(SSH)

Putty adalah software remote console / terminal yang digunakan untuk meremote komputer dengan terhubungnya menggunakan port ssh atau sebagainya.kita akan meremote menggunakan Putty sama seperti menggunakan telnet, buka Applikasi Putty nya, kalau kalian belum punya kalian bisa download sendiri di google ya.

1. masukkan Ip Address mikrotik Defaultnya, Connection type : SSH, Port :Default. kemudian klik “open


2. Login as : [isikan admin]


3. Dan ini adalah tampilan ketika di remote menggunakan putty.


Remote Menggunakan SSH melalui CENTOS7. (CLI)

Nah yang terakhir meremote menggunakan SSH di CentOS7. pertama pastikan CentOS kita terhubnung dengan device mikrotiknya. selanjunya setting IP address dari CentOSnya pastikan dalam satu network.


kemudian masukkan perintah “ssh admin@192.168.88.1” Kemudian untuk password bisa langsung di enter saja.


dan ini adalah tempilan ketika di remote menggunkan ssh di CenOS7.


dan selesei, semoga kalian bisa paham sama apa yang saya posting kali ini. kalo kalian masi bingung kalian bisa komen di bawah ini, kalo saya on saya bakal geceh banget balesnya.hehe 
semangat! semoga berhasil, dan bermanfaat. babayyy sampai ketemu di postingan berikutnyaaa!SEE U!???????????????????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *