Rancang Bangun Tutorial

CARA MENGINSTALL GNS3 DI WINDOWS SANGAT MUDAH

Selamat datang kawan, bertemu kembali dengan saya Alifaaaa yeay.. kali ini saya ingin memposting bagaimana cara untuk menginstall GNS3 versi terbaru di Windows 10. Sebelum Melakukan bersama alangkah baiknya kita memahami Apa itu GNS3? 

GNS3 merupakansingkatan dari Graphic Network Simulator. Software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer. Sama halnya dengan simulator jaringan lainnya, namun GNS3 mensimulasikan jaringan dengan lebih kompleks. Program simulator GNS3 dapat berjalan di berbagai OS, seperti Windows,Linux, dan Mac OS X.

Oke tanpa basa basi kalian bisa simak langkah-langkah dibawah ini yaaa.. 

1) Langkah awal, Kita harus mempersiapkan Iso GNS3 yang akan kita Install di Windows 10 ini, Setelah sudah ada kita lanjut mulai Installasinya dengan klik kanan lalu Open. 


2) Langkah selanjutnya,Ketika muncul tab seperti gambar dibawah ini, disini komputer meminta persetujuan untuk Installasi GNS3 ini, kalian bisa klik “YES”


3) Kemudian, gambar dibawah ini adalah tampilan awal Installasi GNS3 1.5.2 Setup Wizard.


4) Lalu klik “I Agree” pada tahap persetujuan lisensi.



5) Lalu kita harus membuat start menu folder. isi dengan GNS3 atau biasanya sudah tertulis jadi langsung Next saja.


6) Lalu pada tahap “Choose Components” kalian pilih apa saja yang ingin kalian install sesuai dengan kebutuhan anda. Lalu klik Next


7) Lalu kita pilih lokasi installannya nihh,kalau ingin meruubah klik browse,tapi kalau tidak langsung saja klik Install.



8) disini kalian bisa tunggu sampai installing WinPcap


9) Setelah itu kita akan diminta menginstall wincap.Tapi kalau kalian sudah menginstall wincap bisa kalian batalkan saja prosesnya.kalau belum klik Next….


10) Lalu klik “I Agree” untuk menyetujui lisensi WinPcap.


11) Setelah itu “Klik Install”


12) Tunggu hingga Install WinPcapnya Finish..


13) Kalau sudah selesei “Klik Finish”


14) Setelah menginstall WinPcap,kalian akan menginstall Wireshark,nah pada tahap ini dibutuhkan koneksi internet karena setup GNS3 akan mendownload Wireshark. Tapi kalau di Komputer atau Laptop kalian sudah terinstall Wireshark kalian bisa melewati langkah ini dengan meng-klik Cancel…



15) Setelah itu kita akan menginstall “Solarwind”, sama seperti menginstall wireshark,proses ini juga membutuhkan koneksi internet.


16) Kalau sudah selesai menginstall solarwinds maka tahap selanjutnya adalah installasi GNS3.Tunggu hingga proses selesai.


17) Kalau Proses Install sudah complete lalu klik Next.


18) Nah selanjutnya akan muncul penawaran untuk mendapatkan lisensi solarwind gratis khusus pengguna GNS3.pilih saja no.Lalu Next..


19) Kalau sudah selesai “Klik Finish”.Kalau ingin langsung membukanya berikan ceklis pada “Start GNS3”


20) Sampai lah di penghujung Tutorial, seperti ini lah Tampilan GNS3 versi 1.5.2. 


“Selamat Mencoba, Semoga Sukses”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *