Sejarah

FAKTOR UTAMA DAN PENDUKUNG BANGSA EROPA DATANG KE NUSANTARA

FAKTOR UTAMA DAN PENDUKUNG BANGSA EROPA DATANG KE NUSANTARA 

pada postingan kali ini saya mau ngebahas mata pelajaran sejarah, tentang faktor utama dan pendukung bangsa eropa datang ke nusantara nihhh… simak yaaa kawan kawann:)

FAKTOR UTAMA

1.       Gold (kekayaan) adalanya Prospek ekonomi di dunia timur serta keinginan untuk berdagang secara langsung dengan dunia timur.
hal ini tidak terlepas dari kondisi ekonomi-politik eropa pada waktu itu, yang dapat digambarkan dua hal berikut :

·         Faktor konstantinopel
Konstantinopel adalah kota tempat barang barang berharga dari dunia timur ramai diperdagangkan. Barang barang itu berupa emas,perak, rempah rempah, tembikar, karpet, gading, batu mulia, dan sutra. Bangsa bangsa barat membeli barang barang tersebut dari pedagang perantara seperti saudagar arab dan pedagang dari asia tengah.orang orang barat menjual kembali barang barang tersebut di eropa dengan harga yang lebih mahal. Nah dari sini mereka mulai mengenal kekayaan dari dunia timur.
Dalam perkembangannya bangsa bangsa barat terutama portugis merasa bahwa keuntungan dari perdagangan akan bertambah besar jika mereka berdagang langsung ddengan sumbernya dan tidak melalui perdagangan perntara di konstantiopel, hal ini menyebabkan penjajahan ke dunia timur yaitu asia dan afrika oleh bangsa bangsa barat pada abad ke 15. Portugis sebagai pelopolnya.
·         Berkembangnya paham mekantilisme di Eropa
Mekantilisme adalah teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang dimiliki serta besarnya volume perdagangan global suatu negara.
Ringkasnya merkantilisme secara langsung maupun tidak langsung ikut berperan melahirkan penjajahan di nusantara.

2.    Gospel adalah menyebarkan agama nasrani
    Faktor utama lainnya adalah adanya keinginan untuk menyebarkan agama nasrani ke seluruh dunia. Portugis dan spanyol adalah negara yang dilandasi agama katolik. Raja-rajanya sangat taat kepada Paus, pemimpin gereja katolik seluruh dunia. Bagi mereka, taat kepada Paus, pun dalam hal yang terkait dengan politik dianggap identik dengan taat kepada tuhan. Maka, kita bdapat memahami bahwa salah satu misi penjelajahan portugis ini adalah menyebarkan agama nasrani.

3.   Glory(kejayaan atau kekuasaan) adalah mencapai kejayaan sebagai bangsa.

  Sebagai bangsa yang dikuasai oleh Moor, portugis ingin bangkit, dan membuktikan kepada bangsa-bangsa lain bahwa portugis mampu berdiri sendiri. Semangat untuk mencapai kejayaan sebagai bangsaa itulah yang melahirkan era penjelajahan samudera yang di pelopori oleh portugis sendiri. Portugis menancapkan padrao suatu batu prasati berukuran besar yang bergambar lambang kerajaan portugal. Padrao ini dianggap simbol kejayaan bangsa portugis.

FAKTOR PENDUKUNG

  • ·  Adanya penemuan baru dalam bidang pelayaran seperti kompas, kartografi (ilmu membuat peta) karavel ( perahu kecil ) dan navigasi.
  • ·      Ingin membuktikan bahwa bumi itu bulat.
  • ·   Alih pengetahuan dari para “pengungsi” asal konstantinopel ini ikut membantu kedua negara itu melakukan peluasan wilayah-wilayah baru di luar daratan eropa dan mediterania.


sekian yang saya dapat sampaikan, apakah ada yang mau ditanyakan??? 
silahkan komentar di postingan ini yaaaa, ditunggu! saya menerima backlink, jadi kalian bisa komen dan berikan link kalian saya akan visit back kalian yeey:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *