Gaya Hidup

10 TIPS MENARIK LEBIH BANYAK KOMENTAR DI BLOG ANDA MENURUT MEDHY AGINTA

10 TIPS MENARIK LEBIH BANYAK KOMENTAR DI BLOG ANDA menurut medhy aginta

berikut ini adalah cara yang kalian bisa terapin juga, setelah saya membaca buku karya medhy aginta, saya berniatan untuk menyebarluaskan kembali isi semua halaman di bukunya yang berjudul ‘Pro Blogger’ inshaallah bermanfaat untuk kalian yang Pro blogger… 

1. DORONG PEMBACA BLOG ANDA UNTUK BERKOMENTAR

Mintalah, dan Anda akan mendapatkan.
Hukum ini juga berlaku di dunia blogging. Jika Anda ingin pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, jangan ragu-ragu untuk memintanya. Dorong pembaca blog Anda untuk berbagi komentar tentang topik tertentu yang Anda tulis di blog Anda. Jika Anda melakukannya dengan sopan, saya percaya pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk memberikan komentar di blog Anda.
Poin: Dalam beberapa artikel saya biasa mendorong pembaca blog ini untuk berbagi komentar dengan cara mengimbuhkan kalimat “dorongan” berkomentar sebagai berikut: “Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini.”

2. AJUKAN PERTANYAAN KEPADA PEMBACA BLOG ANDA

Salah satu cara paling berhasil untuk mendapatkan komentar di blog Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca blog Anda. Jangan takut apabila Anda tidak mendapatkan respon seperti yang Anda inginkan. Setidaknya, jika Anda mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda akan tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi dengan pembaca blog Anda. Bertanyalah dengan sopan dan sesuaikan dengan topik blog Anda.
Poin: Dalam salah satu artikel saya sengaja mengajukan pertanyaan pendek kepada pembaca blog ini dengan pertanyaan berikut untuk menarik komentar: “Apa alasan Anda membaca Blogguebo.com?”

3. PERMUDAH CARA BERKOMENTAR DI BLOG ANDA

Bayangkan betapa repotnya pembaca blog Anda jika harus menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu untuk berkomentar di blog Anda. Jika Anda benar-benar ingin menumbuhkan budaya berkomentar di blog Anda, akan lebih baik apabila Anda mempermudah cara berkomentar di blog Anda. Hilangkan fitur capchapassword atau apapun yang hanya akan membuat pembaca blog Anda malas berkomentar.
Poin: Di blog ini misalnya, setiap pembaca bisa meninggalkan komentar dengan mudah tanpa harus memasukkan kode huruf, capcha atau password apapun.

4. BALAS KOMENTAR PEMBACA BLOG ANDA

Ketika pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, sejatinya ia ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda (selagi jumlahnya belum banyak) dan suatu hari Anda akan terkejut mendapati semakin banyaknya komentar yang diberikan oleh pembaca blog Anda. Membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai pembaca blog Anda.
Poin: Saya selalu berusaha (selagi bisa) membalas komentar yang diberikan oleh pembaca blog ini. Dan hasilnya memang sangat positif. Blog ini menjadi (sedikit) berbeda dengan blog-blog lain karena saya berusaha selalu membalas setiap komentar (dan dengan menyebut nama komentator) di setiap artikel yang saya tulis.

5. BERI INSENTIF UNTUK KOMENTAR DI BLOG ANDA

Memberikan insentif untuk berkomentar di blog Anda bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Insentif tidak perlu mahal. Malah bisa gratis. Anda bisa sekedar memberikan do-follow backlink, komentar balik atau hadiah ebook gratis (seperti di blog ini). Yang terpenting adalah itikad baik Anda untuk memberikan sekedar balas budi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.
Poin: Di blog ini saya memberikan ebook gratis untuk setiap komentar yang ingin mendapatkan ebook gratis yang saya tulis.

6. MENULISLAH DENGAN SANTUN

Meskipun nampaknya tidak berkaitan, namun sejatinya gaya menulis yang santun memiliki pengaruh terhadap sikap penerimaan pembaca blog Anda. Jika Anda menulis dengan santun, pembaca blog Anda akan merasa dihargai dan sebagai imbalannya akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda.
Poin: Saya selalu berusaha untuk menulis dengan santun, meskipun tentu tetap dengan gaya saya pribadi. Demikian halnya ketika membalas komentar pembaca.

7. TULISLAH ARTIKEL YANG MEMANCING RASA INGIN TAHU

Tips lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda adalah dengan membuat tulisan “menggantung” alias open-ended yang memancing rasa ingin tahu pembaca. Buatlah pembaca blog Anda penasaran dan “terpaksa” bertanya di bagian kolom komentar. Namun demikian, ada baiknya jika tips ini tidak terus-menerus Anda pergunakan. Pembaca blog Anda pun suatu saat akan merasa jengah bila dipaksa untuk terus-menerus membaca artikel yang selalu “menggantung” tanpa kesimpulan.
Poin: Saya pernah beberapa kali mencoba menggunakan tips ini dan cukup berhasil menarik komentar pembaca.

8. BANGUN BUDAYA BERKOMENTAR YANG POSITIF

Anda adalah pencipta budaya berkomentar di blog Anda sendiri.
Jika Anda terbiasa membalas komentar dengan negatif, kasar, acuh tak acuh dan sekedarnya, maka budaya itulah yang akan diikuti oleh pembaca blog Anda. Sebaliknya, jika Anda terbiasa membalas komentar dengan positif, respek, santun dan rendah hati, maka budaya itu pulalah yang akan menular kepada pembaca blog Anda.
Poin: Semampu saya, saya berusaha membangun budaya berkomentar yang positif di blog ini dengan selalu membalas komentar juga dengan cara yang positif, santun dan menghargai.

9. BUATLAH KONTES KOMENTAR TERBANYAK

Tips ini bisa Anda lakukan jika cara-cara lain relatif kurang memberikan hasil. Dengan mengadakan kontes komentar terbanyak (tentu dengan hadiah yang cukup menarik), maka pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk sering meninggalkan komentar di blog Anda. Kerugian cara ini, Anda harus memiliki budget ekstra untuk sekedar memberikan hadiah bagi pemenang kontes yang Anda adakan.
Poin: Terus terang saya belum pernah menerapkan tips ini. Namun bukan tidak mungkin, suatu saat nanti saya akan mengadakan kontes komentar terbanyak di blog ini.

10. BERKOMENTAR DI BLOG LAIN

Jika segala daya upaya di blog Anda sendiri tidak berhasil, Anda bisa mencoba menarik lebih banyak komentar di blog Anda dengan terlebih dahulu memberikan komentar di blog lain. Anda memberi, maka Anda akan menerima. Hukum yang sama juga berlaku di dunia blogging. Jadi, jika komentar di blog Anda masih relatif sedikit, cobalah keluar dan berikan komentar di blog-blog yang setopik dengan blog Anda.
Poin: Pada awal-awal menjalani aktivitas blogging, saya juga selalu menyempatkan diri berkomentar di setidaknya 10 blog yang berbeda setiap harinya.


referensi :

http://blogguebo.com/10-tips-menarik-lebih-banyak-komentar-di-blog-anda/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *