Gaya Hidup

LAB 4. NETWORK TIME PROTOCOL (NTP)

LAB 4. NETWORK TIME PROTOCOL (NTP)


Pengertian NTP 

Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. cara kerja NTP, Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain dengan protokol NTP.

TOPOLOGI

IP Address  

Install dan konfigurasi NTP Daemon

1) Paket NTP Server secara default sudah ada didalam repository CentOS untuk menginstallnya kita cukup menggunakan command atau perintah dibawah ini :

yum install ntp -y

maka hasil outputnya akan seperti gambar di bawah ini, bahwa paket ntp sudah terinstall.


2) setelah paket NTP Server terinstall, cek NTP Public Pool Time Server dan pilih wilayah Benua Anda di mana server secara fisik terletak kemudian mencari lokasi Negara dan daftar server NTP akan muncul. 

3) buka file ntp.conf yang terletak di folder /etc/ untuk di konfigurasi. beri tanda pagar (#) pada settingan centos.pool.ntp.org agar menjadi sebuah command kemudian tambahkan di bagian paling bawah, commandnya sama kan dengan hasil langkah kedua yang di kotak merahkan. 

nano /etc/ntp.conf 

4) selanjutnya kita perlu mengallowkan client dalam jaringan kita agar dapat melakukan singkronisasi waktu dengan server, untuk bisa melakukan hal tersebut kita harus menambahkan script dibawah ini kedalam file konfigurasi ntp yang digunakan untuk memperbolehkan jaringan melakukan query dan sync waktu. 

pada kotak berwarna merah kalian berikan network si Server. 



5) setelah itu simpan hasil konfigurasi, kemudian setting time zone untuk server NTP dengan perintah atau command di bawah ini :

timedatectl set-timezone Asia/Jakarta

Add Firewall Rules dan Start NTP Daemon 


1) Service NTP berjalan pada protocol UDP dengan port 123 yang terdapat pada layar transport (layer 4) di OSI Layer, hal ini dirancang untuk memberikan efek variable latency (jitter). untuk membuka port ini pada CentOS jalankan perintah dibawah ini :

2) setelah membuka port 123 di filter firewall, aktifkan NTP Server dan pastikan aplikasi tersebut berjalan dengan baik. gunakan perintah berikut ini untuk menjalankannya :

Verifikasi Server Time Sync 

    Setelah NTP Daemon sudah di start, tunggu beberapa menit untuk server melakukan singkronisasi waktu terhadap server pool list yang kita masukkan sebelumnya, jalankan perintah ini untuk melakukan verifikasi verify NTP peers syncronization status dan waktu pada server. 


date -R

Setup Windows NTP Client 

1) jika windows tidak menggunakan domain Controller kita dapat mengkonfigurasi windows untuk melakukan singkronisasi waktu dengan NTP Server dengan cara klik Time yang ada dibagian kanan bawah pada Taskbar > Change Date and Time Setting > Internet Time tab > Change Setting 

2) kemudian Check Synchronize with an Internet time server > masukkan IP server NTP atau FQDN server > Update now > OK 



Setup NTP Client Linux 

1) sebelum kita menginstall ntp nya, terlebih dahulu kita menjalankan perintah update dengan cara seperti dibawah ini :

sudo apt-get update


2) install ntp pada linux ubuntu dengan menggunakan perintah dibawah ini :

sudo apt-get install ntp ntpdate


ntp sudah terinstall :


3) setelah paket NTP Server terinstall, cek NTP Public Pool Time Server dan pilih wilayah Benua Anda di mana server secara fisik terletak kemudian mencari lokasi Negara dan daftar server NTP akan muncul. 

4)  Buka file ntp.conf yang terletak di folder /etc/ untuk di konfigurasi. Beri tanda pagar (#) pada settingan ubuntu.pool.ntp.org agar menjadi sebuah command kemudian tambahkan dibagian paling bawah :



4) setelah itu restart ntp, dengan perintah :

/etc/init.d/ntp restart

5) Cek menggunakan perintah ntpq -p maka akan terlihat singkronisasi ntp client ubuntu ke ntp server yang telah dibuat sebelumnya :


date -R



SEMOGA BERMANFAAT






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *