Gaya Hidup

KONFIGURASI WEB SERVER PADA WIN SERVER 2012 DENGAN IIS 8

KONFIGURASI WEB SERVER PADA WIN SERVER 2012 DENGAN IIS 8


haiiii semua…..ypa pada materi ini, kalian bisa mengakses windows server 2012 dari browser, memakai domain, dan isi kontennya bisa kalian ubah-ubah.
kalo kalian kepo (alias kepengen tau) yuk ikutin tutorialnya berikut.hehe

kita harus tau dulu Web server dan IIS.
apasih itu??? oke alifa jelasin ya..

Web server dengan DNS dan DHCP server itu sama sebenernya. Perbedaan yang paling mencolok adalah, konten dari Web Server berisi halaman halaman berisi informasi maupun konten yang dapat diakses oleh client.

jadi, ketika kalian mengakses web ini “Alifa-tf.blogspot.com” artinya kalian sedang mengakses web server blogspot.com kawan…

kalau IIS (Internet Information Service) merupakan aplikasi microsoft yang dikhususkan untuk membuat dan mengelola sebuah web server. aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur HTTP dan lainlain…

  • Konfigurasi

oke pertama kita jalanin VM Win Server nya, terus masuk ke server manager.
mari kita 

Add roles and feature

installasi type yang digunakan pilih yang base, kemudian klik next :

Server Selection pilih type server yang akan digunakan,kita menggunakan server kita sendiri, pastikan nama dan IP address nya bener yah. kemudian klik next :

pilih web server iis sebagai Server role :


kemudian Web server IIS wizard klik Add features :

features klik next :

kemudian klik next pada Web Server Role IIS :

Role Services yang harus ditambahkan yang berhubungan dengan semua web server :

Konfirmasi IIS yang harus di Instal :

starting instalasi IIS :

Cek kembali notification :

langkah selanjutnya adalah masuk ke tab tool kemudian klik IIS :


Tampilan IIS yang sudah di aktifkan :


kemudian klik New Host untuk membuat web yang baru :

kemudian cek apakah sudah ada atau belum host yang baru saja ditambahkan :

kemudian, jangan lupa arahkan terlebih dahulu DNS yang sudah dibuat, setting IP komputer :

jadi IP Address nya masukkan IP yang sama dengan yang di daftarkan tadi di awal, sedangkan DNS sama yaitu DNS yang sudah setting di awal yaa…

Coba tes koneksi dengan perintah ping :

silahkan buka web browser dan ketik

http://www.alifa.net 


nah berarti web pertama kita sudah sukses. nah sekarang kita coba ganti konten web alifa.com, sekaligus tambah domain alifa.com dengan konten yang berbeda juga.

Mengganti isi domain, dan menambah website dengan
konten berbeda


pertama kita coba tambah web nya, kita ke tools > DNS dan klik kanan di nama server kalian.

klik deh New Zone… 
karena kita akan buat zone baru, atau nama domain baru.

kemudian muncul tab selamat datang atau welcome. lalu next saja..

lalu, pada Tab Zone type kita pilih primary zone, kemudian klik next :

lalu nah kalo udah, kita pilih 

To all DNS servers running on domain controllers in this domain:alifa.com ” 

walaupun gak beda sama yang atasnya.

soalnya, server kita cuman 1, dan server kita ini ada di domain dan forest alifa.com, jadi silahkan dipilih aja. oke. lalu next :

kemudian pilih :

” forward looup zone “

lalu next..

kita isi deh nama zone nya. ini nama domain benernya. disini saya bikin dengan nama ” alifa.com ” baru deh di klik next.

kalo udah di next, pastikan kita pilih yang 

Allow only secure dynamic updates

karena tadi, domain kita masuk ke Active Directory, dan ini disarankan untuk domain yang sudah masuk ke Active Directory, agar update konfigurasi dapat berjalan lancar. kemudian klik next ya: 


kalo udah komplit, nanti muncul konfirmasi seperti gambar dibawah ini :


yang kalo udah dipastikan benar, bisa di klik finish.

nanti berarti ada 2 domain ya, alifa.com dan alifa.net. sekarang kita tambah host nya untuk domain alifa.com.

kemudian, tambahkan New host untuk membuat web baru :

]

kemudian klik add host, isikan sesuai dengan yang kalian akan buat :

lalu, klik ok :

kemudian cek apakah host yang tadi dibuat sudah terdaftar atau belum, nah lihat kotak merah. yaap kita sudah buat folder alifa.com dengan domain .com. dengan IP yang sama di awal :

lakukan pengetesan ping ke kedua domain atau web server.

ini ping untuk www.alifa.com :

ini ping untuk www.alifa.net :

berarti kita udah sukses buat 2 domain untuk website kita, yaitu :
– http://alifa.com
– http://alifa.net

nah sekarang kita ganti konten buat http://alifa.net dan kita tambah web untuk http://alifa.com
buka

“Tools > Internet Information Service ( IIS )”

lalu di bagian kiri,


nah disitu ada Sites dan Default Web Site. yang tadi diakses dengan alifa.com adalah web Default Web Site. oleh karena itu, kita mesti ganti nih konten sama isinya.

klik kanan Default Web Site lalu klik Explore :


nah kalo udah, nanti keluar deh, lokasi filenya.

nah itu lokasi filenya, coba kita copy paste di lokasi yang sama, 2x.
terus rename deh.

menjadi seperti ini :

coba kita lihat isi dari folder buat alifa.net :

coba kita lihat isi dari folder buat alifa.com :

ini adalah isi konten yang akan saya ganti di kedua web :

lalu copy paste ke kedua folder web nya:

kemudian paste, menjadi seperti ini :

lalu edit HTML nya untuk mengganti isi konten web servernya :


tampilan notepad yang berisi isi konten sebelum di edit :

sesudah di edit :

kalo udah kayak gitu, sekarang kita tambahin deh website nya.
balik ke IIS, 

kita klik kanan di ” Sites ” terus pilih ” Add Website “.

nah kalo udahh, nanti muncul window baru.
isi site name dengan nama yang diinginkan, lalu pilih Application pool menggunakan DefaultAppPool.
klik aja tombol select disebelahnya, trus pilih deh.


trus klik tombol … yang ada disebelah physical path.

kemudian isikan kotak merah dibawah ini dengan benar 
nah kalau sudah, isi IP dengan IP server dan port 80, lalu isi Host name dengan nama host yang telah Anda buat tadi :

cek disini bahwa yang tadi kita buat sudah terdaftar :

kemudin coba kita search di browser 

http://alifa.com

kemudian tadi folder alifa.net sudah di ganti konten halaman web nya sekarang kita akan mengganti pada isi konten halaman untuk folder alifa.com :

paste gambar yang sudah di copy tadi di awal.

 lalu edit HTML menjadi sesuai dengan konten halaman yang akan kita buat :

lalu ad website seperti pada gambar dibawah ini :

cek apakah sudah terdaftar atau belum :


kemudian, silahkan buka web browser lalu ketik :

http://alifa.com 

http://alifa.net

nah konten halaman pada web alifa.com dan alifa.net sudah terganti, jadi seperti itu caranya. semoga anda paham dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *