Sistem Operasi Jaringan

FUNGSI MASING-MASING PERINTAH DI SCONFIG WINDOWS SERVER 2012 R2

FUNGSI MASING-MASING PERINTAH DI SCONFIG WINDOWS SERVER 2012 R2

pada windows server 2012 R2 yang core, jika kalian ingin melakukan konfigurasi, terdapat 15 perintah di SCONFIG, dan sekarang saya akan menjelaskan secara singkat fungsi-fungsi dari perintah-perintah yang ada di sconfig, sebagai berikut :


TAMPILAN SCONFIG

  • DOMAIN/WORKGRUP

Fungsi dari “DOMAIN/WORKGROUP” adalah ketika kalian ingin masuk ke workgroup ataupun domain yang sudah terdaftar, untuk masuk kita hanya mengetik nama workgroup ataupun domainnya. untuk sekarang tidak akan bisa, karena kita belum mendaftarkan domainnya.

  • COMPUTER NAME


Fungsi dari “Computer Name” adalah untuk mengganti nama komputer kalian.
jadi jika kalian ingin mengganti nama komputer hanya menggunakan menu “Computer name” lalu ketik nama yang baru, setelah itu Server akan restart ketika kalian menekan “YES” , dan nama akan terganti.

  • ADD LOCAL ADMINISTRATOR
kalian masukkan account untuk join ke local administrators group nah bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini yang di kotak merah :

Masukkan password awal windows server 2012 yang kalian buat di awal. 

 lalu klik OK

Fungsi dari “add local administrator” adalah untuk menambahkan admin local yang bisa mengakses server ini atau bisa dibilang membuat user baruya.
Caranya hanya masukkan opsi no “3” lalu ketik nama nya dan password, ingat untuk pemberian password ya harus dikombinasikan dengan huruf kecil,besar,angka, dan simbol seperti pada gambar di atas yaaa.

  • CONFIGURE REMOTE MANAGEMENT


karena perintah di atas saya memilih selection 1 jadi configure remote management nya yang tadinya enable akan menjadi disable seperti pada gambar di atas.

Fungsi dari “configure remote management” adalah untuk mengkonfigurasi managemen remote, misal kan untuk mengaktifkan remote management atau mematikannya.

  • WINDOWS UPDATE SETTING

  • DOWNLOAD AND INSTALL UPDATES

  • Fungsi dari “Download and install update” untuk mempermudah kalian jika ingin mendownload update dari pihak microsoftnya langsung, kalian diberi dua pilihan , yaitu download semua update, dan update yang direkomendasikan saja.
    itu bisa sesuai dengan kemauan kalian.
    • REMOTE DEKSTOP

    nah pada kotak merah di atas bahwa status remote desktop itu disable, nah kemudian saya akan menggantinya menjadi enable.
    seperti pada gambar dibawah ini…

    • NETWORK SETTING

     konfigurasi jaringan dalam hal ini kita ambil no 8 

    kemudian untuk setting ip kita gunakan index pilih yang 10 :

    setelah memilih index 10 maka pilih setting ip dengan mengisi option 1:
    kemudian pilih S atau static untuk mengisi IP address.

    langkah selanjutnya setting IP DNS :


    lalu klik ok 

     kemudian alternatif dns boleh diisi :


    Fungsi dari “Network settings” adalah untuk mengatur/mengkonfigurasi Yang berhubungan dengan jaringan, misal untuk mengatur IP, setting dns, maupun clear DNS.
    • Date and time


    Fungsi dari “Date and time” adalah untuk mengatur waktu dan time zone.

    • HELP IMPROVE THE PRODUCT WITH CEIP

    fungsi dari perintah “HELP IMPROVE THE PRODUCT WITH CEIP” adalah untuk kita bergabung dalam customer experience improvement program, yang bermaksud jika kalian memiliki masalah di windows, maka datanya akan di collect oleh pihak microsoft nya, dan akan di kembangkan lagi untuk kedepannya.
    jadi kalian bisa bergabung dan ataupun tidak.

    • WINDOWS ACTIVATION

    Fungsi dari “Windows activation” adalah untuk mempermudah mengelola yang berhubungan dengan license, misalnya untuk melihat info license, atau untuk mengaktivasi windows, atau bisa install product key.

    • LOG OFF USER

    Fungsi “Log off user” adalah untuk keluar dari user yang sedang digunakkan, biasanya digunakan jika pengguna ingin mengganti user.

    • RESTART SERVER


    Fungsi dari “restart server” adalah untuk memulai ulang servernya.

    • SHUTDOWN SERVER

    fungsi dari “shutdown server” adalah untuk mematikan servernya.

    • EXIT TO COMMAND LINE
    fungsi dari “exit to command line” untuk keluar dari sconfig ke command line biasa, atau CMD nya. jadi sepeti semula, bukan di sconfig lagi.
    jadi, kesimpulan dari semuanya adalah bahwa perintah tersebut memiliki fungsi masing-masing yang dibutuhkan oleh server.

    SEMOGA BERMANFAAT


    inspirasi :  http://wahid-emalution.blogspot.co.id/2016/08/fungsi-perintah-di-sconfig.html







    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *