Gaya Hidup

1.2 DYNAMIC ROUTING – EIGRP

DYNAMIC ROUTING – EIGRP

haiiii bertemu lagi dengan saya alifa, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu saya…
okeeee sekarang kita akan membahas materi tentang DYNAMIC ROUTING – EIGRP

DYNAMIC ROUTING apasih bedanya dengan STATIC ROUTING?
jadi Dynamic routing adalah router yang dapat membuat table routing secara otomatis, sedangkan Static routing adalah router yang tidak dapat membuat table routing secara otomatis, yaitu manual.

EIGRP? apasih EIGRP ituuuu?
oke saya akan jelaskan EIGRP itu singkatan dari Enchanced Interior Gateway Routing Protocol, Eigrp ini termasuk dalam proprietari cisco, tetapi keunggulan dari EIGRP ini adalah lain dari pada yang lain yaitu bisa melakukan fitur backup route, jadi jika terjadi perubahan pada network, EIGRP ini tidak lagi melakukan kalkulasi ulang karena bisa langsung menggunakan backup route.

1. kalian harus membuat topologi terlebih dahulu yaa..

2. lakukan setting  / konfigurasi IP address pada setiap router dan kalian lakukan konfigurasi ip address dan login access pada router.
bagi kalian yang belum paham untuk tahap konfigurasi ip anda bisa buka posting-an saya sebelumnya yaa..( Static Routing )

3. kemudian kita lakukan konfigurasi  EIGRP pada setiap router, konfigurasinya seperti pada gambar dibawah ini…

ROUTER-JAKARTA

jadi seperti pada gambar, saya mendaftarkan network 10.10.10.0 dan 1.1.1.1 pada router 1, kenapa? karena network yang saya daftarkan adalah network yang terhubung langsung dengan routernya, dan yang terhubung langsung pada router 1 adalah network 10.10.10.0
ROUTER-CILACAP

jadi seperti di gambar saya mendaftarkan network 10.10.10.10.0 , 20.20.20.0 , dan 2.2.2.2?
karena network yang saya daftarkan adalah network yang terhubung langsung ada 2 network yaitu 10.10.10.0 dan 20.20.20.0 maka dari itu ada 2 network dalam router 2.

ROUTER-MEDAN


jadi seperti di gambar saya mendaftarkan network  20.20.20.0 , 30.30.30.0 dan 3.3.3.3?
karena network yang saya daftarkan adalah network yang terhubung langsung ada 2 network yaitu 20.20.20.0 dan 30.30.30.0 maka dari itu ada 2 network dalam router 3.

ROUTER-BEKASI


jadi seperti gambar, saya mendaftarkan network 30.30.30.0 dan 4.4.4.4 pada router 4, kenapa? karena network yang saya daftarkan adalah network yang terhubung langsung dengan routernya, dan yang terhubung langsung pada router 4 adalah network 30.30.30.0

Penjelasan :

  • Perintah int loopback0 satu-satunya pilihan pada perintah ini adalah untuk menentukan angka antara 0 dan 2147483647. Cisco IOS Software memberi Anda banyak interface loopback, jika Anda ingin menggunakan semua dari mereka. Ketika memasuki perintah ini, Cisco IOS Software secara otomatis membuat antarmuka loopback, menempatkan Anda ke mode konfigurasi interface, dan menghapus antarmuka dari mode shutdown. Ketika itu selesai, Anda hanya perlu menetapkan alamat IP ke interface. 

ALIFA-BEKASI(Config)#int loopback0

lalu akan muncul, router secara otomatis menghapus loopback dari negara shutdown, Anda menerima pesan konsol menunjukkan bahwa antarmuka telah menyala.

  • Perintah router eigrp 10 berfungsi untuk masuk pada pengaturan router eigrp 10

ALIFA-BEKASI(Config)#router eigrp 10

  •  Perintah no-auto summary

ALIFA-BEKASI(Config-Router)#no auto summary

5. Pengetesan dan verifikasi

lakukan perintah ping dari ALIFA-JAKARTA ke 2.2.2.2 , 3.3.3.3 dan 4.4.4.4

pastikan hasilnya reply atau success , jika selain dari itu bisa jadi ada kesalahan pada saat anda melakukan konfigurasinya sebelumnya.

6. lakukan perintah show ip route nah perintah ini berfungsi untuk melihat routing table pada router. biasanya routing table ini berisikan data tentang network yang terkoneksi dengan sebuah router nah jika sebuah network tidak ada dalam routing table berarti klien atau host yang terkoneksi ke network melalui router tidak bisa terkoneksi, dan mampu memperoleh rute dari router lainya..

jadi, pada kesimpulan gambar di atas bahwa ini adalah verifikasi dari konfigurasi yang sudah di lakukan di awal. jadi D adalah route untuk EIGRP, 90 adalah Administrative Distance dari EIGRP dan 158720 metric ke tujuan. apa itu directly connected klik aja yaa..

7. lakukan perintah show cdp neighboars
pada perintah ini kita bisa mengetahui informasi tentang semua perangkat router yang terhubung langsung dengan sebuah router yang menjalankan perintah ini, biasanya informasi yang di dapatkan adalah nama perangkat, interface yang terkoneksi, jenis perangkat tersebut, dan type dari perangkat tersebut…


8.Pengecekan dan verifikasi sh eigrp neighbors
perintah ini berfungsi untuk Menampilkan EIGRP tetangga.

Penjelasan :

  • H(Handle)  merupakan nomor urut, jadi siapa duluan tetangga yang akan dijadikan neighbor, dimulai dari 0 
  • Address merupakan alamat tetangga
  • Interface merupakan interface router yang terhubung ke tetangga
  • Hold (sec) merupakan waktu maksimal (dalam detik) router menunggu EIGRP packet sebelum akhirnya memutuskan bahwa sebuah link unavailable
  • Uptime merupakan waktu berlalu, dalam jam, menit, dan detik sejak router lokal pertama kali mendengar dari tetangga
  • SRTT [Smooth Round Trip Timer] merupakan waktu rata yang di perlukan oleh EIGRP packet ketika mengirim packet EIGRP dan menerima ACK nya.
  • RTO [Retransit Time Out] merupakan waktu RTO di dapat dari kalkulasi SRTT
  • Q Cnt (Queue Count) merupakanjumlah EIGRP Packet (Update, Query, dan reply) yang menunggu dalam antrian, kalo angka dari QCnt ini lebih dari nol berarti ada masalah.
  • Seq Num (Sequence Number) merupakan sudah berapa kali packet di terima dari tetangga

9. Pengecekan dan verifikasi sh ip eigrp traffic
perintah ini berfungsi menampilkan jumlah paket EIGRP yang dikirim dan diterima.


Perintah lalu lintas meringkas jumlah paket hello Router ALIFA-JAKARTA menerima dan mengirim. perintah lalu lintas menunjukkan berapa banyak update , query , balasan , dan mengakui Router ALIFA-JAKARTA menggunakan untuk memastikan bahwa EIGRP berjalan dengan benar dan dengan router EIGRP yang berdekatan .


10. Pengecekan dan verifikasi sh ip eigrp topology
Sejak toko EIGRP semua rute belajar di meja topologi, melihat tabel topologi dapat memberikan indikasi tentang fungsi EIGRP serta stabilitas jaringan . Perintah show ip eigrp topologi menunjukkan tabel topologi.


Perhatikan bahwa P mendahului semua rute . Ini berarti bahwa rute berada dalam keadaan pasif. Sebuah rute dalam keadaan pasif berarti saat ini diketahui tentang dan stabil . Di sisi lain , sebuah rute dalam keadaan aktif ( didahului oleh A ) berarti bahwa rute telah kehilangan rute dan sedang mencari pengganti . Setiap rute juga menunjukkan Jarak Kelayakan ( FD ) dan alamat hop berikutnya menuju tujuan . Dua angka dalam kurung adalah jarak layak dan diiklankan. hasil verifikasi hasilnya akan sama dengan konfigurasi yang kami jalankan pada tahap awal..

SELESEI TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *