kewirausahaan pendidikan

Pengertian kewirausahaan,Sifat-sifat seorang wirausahaan,5 faktor menyebabkan seseorang mengalami kegagalan dalam berwirausaha

       

Pengertian kewirausahaan



          Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru, dengan kreatif dan berbeda (inovatif) dengan bermanfaat memberikan nilai lebih, dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan ekonomi dan kehidupan usaha.

Sifat- sifat seorang wirausahaan :

1.    Percaya diri
          Kepercayaan diri seseorang akan membuatnya memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya, berani mandiri dan tidak tergantung pada orang lain serta memiliki optimisme yang tinggi.

2.   Berorientasikan tugas dan hasil
          Setiap upaya atau kerja yang dilakukan menuju pada target kerja dan target hasil yang ditentukannya. Kerja dilakukan dengan penuh ketekunan dan kerja keras, ketabahan dan penuh tekad.

3.   Berani mengambil resiko

          Salah satu hal penting dalam memulai berbuat sesuatu yang baru adalah berani mengambil resiko untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi atau kebaruan tidak akan muncul bila kita melakukan hal-hal yang sudah dilakukan oleh orang lain, dan tidak berani melakukan yang belum pernah kita lakukan sebelum nya.

1.    Kepemimpinan

          Kepemimpinan adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya memiliki visi yang jelas,memiliki integritas dan kejujuran, mampu berkomunikasi dengan baik, menjadi teladan, rendah hati, mau mendengar, mampu memotivasi orang lain untuk melakukan tugasnya dan  berlaku adil.

2.   Berorientasi ke masa depan
          Masa depan memiliki peluang dan tantangan yang berbeda dengan saat ini. Seorang dengan kewirausahaan berani bmelihat peluang dan tantangan tidak hanya di saat ini, melainkan ke masa depan.

Alasan seseorang tidak mau berwirausaha :
®   Tidak mempunya modal  :
Biasanya seseorang tidak mau berwirausaha karena tidak mempunyai modal yang lebih dari cukup, sehingga ia takut ketika usaha ia tiba tiba menurun dan modal sudah habis.
®   Seseorang lebih mengutamakan gengsi mereka dalam kehidupannya.
®   Tidak yakin atau ragu dalam membangun usaha
Kebanyakan seseorang tidak yakin dalam berwirausaha mereka ragu bagaimana usahanya kedepan,apakah maju atau mundur. karena sudah banyak seseorang yang usahanya gagal dengan alasan yang cukup masuk akal sehingga kita terpengaruh.

®   Dan tidak mempunya pengalaman berwirausaha.

5 faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kegagalan dalam berwirausaha :
1.    Kekurangan modal.
2.   Tidak percaya diri.
3.   Tidak mempunyai pengalaman dalam berwirausaha, baik dalam teknik atau mengelola sumber daya manusia.
4.   Tidak dapat mengendalikan keuangan.
5.   Lokasi usaha yang kurang memadai.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *